News

Instagram Tengah Menguji Coba Fitur ‘Save Draft’ Pada Sebagian Penggunanya

[Gambar: mashable.com]
Jika Anda sering atau bahkan rutin posting foto di Instagram, Anda tentu mengerti bahwa butuh waktu dan proses yang cukup lama untuk menghasilkan sebuah postingan Instagram yang ‘sempurna’. Mulai dari pengaturan cahaya, memilih filter yang pas, bahkan saat menulis caption foto—waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua itu jauh lebih lama daripada menjepret fotonya sendiri.

Sekarang, Instagram tengah menguji coba sebuah fitur baru pada sebagian penggunanya untuk menyimpan draft foto atau video yang sudah diedit menggunakan Instagram. Dengan fitur ini, jika Anda menutup jendela editor Instagram sebelum Anda memposting foto tersebut, akan ada kotak dialog dengan tulisan: “If you go back now, your image edits will be discarded.” (Jika Anda kembali sekarang, hasil editan Anda akan dihapus). Lalu Anda pun diberikan opsi untuk “Save Draft“ (Simpan Draft) atau “Discard“ (Hapus) hasil editan tersebut. Jika Anda memilih opsi Save Draft, maka Anda dapat menyimpan hasil editan Anda pada Instagram dan menyelesaikannya di lain waktu. Ketika Anda membuka aplikasi Instagram lagi, cukup tekan ikon Kamera, lalu Anda dapat melihat draft editan foto atau video Anda yang sebelumnya belum diposting.

Sayangnya, belum ada kepastian kapan fitur ini akan diluncurkan kepada publik. Seorang juru bicara Instagram mengkonfirmasi bahwa fitur ini memang masih bersifat eksperimen dan belum bisa dipastikan apakah pada akhirnya fitur ini akan dirilis pada seluruh penggunanya. Yang jelas, Instagram menegaskan bahwa mereka akan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan performa Instagram bagi penggunanya. Mengingat fitur ini akan sangat berguna bagi penggunanya, saya optimis bahwa cepat atau lambat Instagram akan menambahkan fitur ini pada pembaharuannya yang akan datang.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID