News

Instagram Tengah Siapkan Fitur Baru Untuk Akun Bisnis Anda

[Foto: Instagram for Business]
[Foto: Instagram for Business]
Pada awal tahun ini, Instagram telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengembangkan fitur profil untuk bisnis yang kurang lebih serupa dengan fitur Brand Page di Facebook. Kini, Instagram dilaporkan tengah menguji coba tampilan profil untuk bisnis ini. Tampilan profil yang saat ini tengah diuji coba pada sekelompok kecil pengguna ini menawarkan berbagai fitur yang berguna bagi mereka yang memiliki akun bisnis di Instagram. Terdapat opsi “Kontak,” akses ke peta dan arah, dan opsi untuk mengkategorikan bisnis sesuai dengan jenisnya.

[Foto: blog.later.com]
[Foto: blog.later.com]
Screenshot ini adalah tampilan dari profil bisnis pada Instagram yang tengah diuji coba. Seperti yang bisa dilihat, perbedaan yang paling mencolok antara profil bisnis dan profil pribadi adalah adanya tombol “Contact” di sebelah kiri tombol “Follow.” Anda juga akan menemukan keterangan mengenai kategori akun bisnis anda di bawah nama profil Instagram. Seperti yang bisa dilihat, akun di atas dikategorikan sebagai “Health/Wellness Website” Dengan mengkategorikan seperti itu, Anda bisa dengan cepat dan mudah mengkomunikasikan usaha Anda pada follower Anda.

[Foto: blog.later.com]
[Foto: blog.later.com]
Ketika Anda memilih tombol “Contact,” maka anda akan diberi opsi “Get Direction” atau “Email” akun ini. Seperti yang kita ketahui, Instagram kini menjadi salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan untuk bisnis. Maka, biasanya pengguna akun Instagram untuk bisnis ini akan menuliskan alamat email mereka pada bio Instagram. Dengan adanya tombol “Contact” ini, tentunya pembeli akan lebih mudah untuk menghubungi pemilik akun. Selain itu juga, hal ini dapat melindungi privasi alamat surel Anda dari spammer. Menurut saya, ide ini sudah sangat bagus. Tapi, mengingat di Indonesia transaksi bisnis online shop jarang dilakukan melalui surel, akan lebih bagus lagi kalau mereka menambahkan pilihan messenger lain dalam pop-up tersebut, seperti opsi untuk mengontak melalui Line, nomor telepon atau setidaknya WhatsApp -mengingat Instagram dan WhatsApp sama-sama dimiliki oleh Facebook.

[Foto: blog.later.com]
[Foto: blog.later.com]
Lalu, ketika Anda mengklik “Lokasi”, Anda dapat melihat lokasi usaha tersebut di peta. Memang, biasanya pengguna menuliskan lokasi mereka di bio Instagram mereka. Tapi menurut saya pribadi, tentunya akan lebih mudah jika lokasi akun Instagram yang kita maksud bisa langsung dilihat di Google Map.

Profil Instagram untuk bisnis ini belum tersedia untuk seluruh pengguna, jadi tidak semua orang bisa melihat perubahannya. Instagram belum mengkonfirmasi kapan profil untuk bisnis ini akan diluncurkan ke publik, tapi sepertinya dalam waktu dekat ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID