News

Instagram Tengah Uji Coba Fitur ‘Live Video’ Pada Pengguna dari Rusia

[Foto: unsplash.com]
Instagram kabarnya tengah menguji coba sebuah fitur Live Video dalam Instagram Stories—sebuah fitur mirip Snapchat yang memungkinkan penggunanya untuk memposting foto dan video yang akan otomatis menghilang setelah 24 jam. Dalam fitur Live Video ini, pengguna bisa melihat secara langsung video yang tengah direkam oleh akun tertentu. Ketika sedang broadcast, akan ada keterangan “LIVE” yang menunjukkan bahwa pengguna tersebut sedang on-air.

img_580d8e762c550
[Gambar: T Journal]
Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh sebuah outlet media Rusia, T Journal, yang menyertakan screenshot dari fitur baru ini. Berdasarkan screenshot yang beredar, terdapat tombol “Go Insta” yang disinyalir merupakan tombol untuk memulai broadcast. Ada juga opsi “Schedule” yang sepertinya bisa digunakan untuk memberi notifikasi bagi pengguna mengenai rencana Anda untuk broadcast. Sepertinya, fitur ini kurang lebih akan serupa dengan fitur Schedule pada layanan Facebook Live. Sebelumnya, Instagram juga telah memperbaharui fitur Stories-nya dan menambahkan Stories pada tab Explore untuk mendorong para pengguna untuk lebih sering menggunakan fitur tersebut.

[Gambar: T Journal]
Adanya fitur Live Video pada Instagram tidak begitu mengejutkan mengingat Facebook selaku ‘induk perusahaan’ ini tengah gencar-gencarnya mempromosikan fitur Live Video-nya. Menurut saya, fitur Live Video sendiri memang lebih relevan jika diterapkan pada Instagram—yang memang lebih fokus di bidang fotografi dan video—dibandingkan pada Facebook.

Sejauh ini, fitur ini baru ditemukan di Rusia oleh seorang pengguna Instagram versi Beta. Menanggapi berita ini, pihak Instagram sendiri belum mengkonfirmasi kebenaran—lebih tepatnya menolak berkomentar—mengenai berita ini. Mengingat Instagram memang sudah sering menguji coba fitur-fitur barunya di berbagai negara selain Amerika Serikat, kemungkinan besar fitur ini kelak akan diluncurkan secara global.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID