News

Instagram Tengah Uji Coba Fitur Live Video untuk Dua Orang

[Gambar: instagram-press.com]
Bagi pengguna Instagram, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur Live Video Instagram, bukan? Fitur yang memungkinkan penggunanya untuk ‘siaran langsung’ di Instagram ini kabarnya akan segera diperbaharui dengan opsi untuk melakukan Live Video bersama dengan teman atau audiens Anda.

“Setelah kami meluncurkan versi perdana Live [pada November lalu], kami melihat banyak orang yang menggunakannya [Live Video] bersama dengan temannya,” Papar Shilpa Sarkar, product manager pada tim Live Video Instagram. “Kami ingin … menghadirkan fitur baru yang memungkinkan Anda untuk Live dengan seorang teman meskipun Anda tidak berada di tempat yang sama.”


Lalu, bagaimana cara kerjanya? Anda tinggal menekan ikon smiley yang berada di pojok kanan bawah layar ketika sedang merekam Live Video pada Instagaram Anda. Selanjutnya, pilihlah opsi “Add” untuk mengundang siapapun yang menonton Live Video Anda untuk berpartisipasi dalam siaran langsung tersebut. Setelah mereka bergabung, layar Instagram Live Video Instagram pun akan terbagi dua dan penampakan teman Anda akan muncul di paruh bawah layar. Jika diinginkan, Anda bisa menghapus teman Anda dari Stories dan menambahkan orang lain. Teman yang bergabung dalam Live Video Anda juga bebas untuk memilih keluar dari siaran langsung tersebut. Selain pembaharuan tersebut, penonton Live Video Instagram Anda bisa tetap mengirimkan heart atau komentar seperti biasa. Selain itu, Anda juga bisa membagikan live video tersebut ke dalam stories Anda atau memilih opsi “Discard” dan live video Anda pun akan langsung terhapus.

Baca Juga:  Penelitian: Suhu Panas Ekstrem Membuat Wilayah Asia Selatan Tidak Bisa Dihuni pada 2100

Dalam postingannya, Instagram cenderung menampilkan fitur tersebut sebagai sebuah bentuk alternatif yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda. Padahal, saya rasa fitur-fitur ini akan lebih berguna bagi para influencer, organisasi, maupun media. Para influencer bisa memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan fans, misalnya, atau media bisa menggunakannya untuk melakukan sesi interview dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Yang jelas, fitur ini bisa jadi senjata utama Instagram yang dapat membuatnya tampil berbeda dari pesaingnya, seperti Snapchat atau Twitter. Tentunya, akan sangat menarik melihat bagaimana orang-orang mengoptimalkan fitur ini untuk objektifnya masing-masing.

Sayangnya, sampai saat ini Instagram baru menguji coba fitur baru tersebut pada sebagian kecil pengguna saja. Namun, mereka mengatakan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, pembaharuan ini akan dirilis di seluruh dunia. Mari kita tunggu saja tanggal mainnya.