News

Instagram Uji Coba Fitur Belanja di Aplikasinya

[Gambar: blog.business.instagram.com]
Instagram sepertinya tidak ingin penggunanya beranjak dari aplikasi tersebut. Seperti yang dilansir TechCrunch, Instagram kini tengah menguji coba sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk belanja barang-barang yang ditemukan pada media sosial itu tanpa perlu membuka aplikasi lain.

Fitur ini kabarnya tengah diuji coba di aplikasi Instagram untuk iOS. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan fitur tagging yang sudah ada sebelumnya. Bedanya, di sudut kiri foto, pengguna akan melihat ikon bertuliskan “tap to view.” Ketika ikon tersebut dipilih, akan muncul tagtag khusus pada produk-produk yang ada pada foto tersebut yang berisikan keterangan nama produk beserta harganya. Jika pengguna menekan tag tersebut, maka akan muncul halaman yang berisikan detail barang tersebut. Dari sana, pengguna pun bisa langsung membeli produk yag dimaksud dengan menekan tautan “Shop Now” pada halaman tersebut.

[Gambar: blog.business.instagram.com]
Sebagai permulaan, dalam uji coba ini Instagram telah bekerja sama dengan beberapa toko ritel dan brand ternama seperti Kate Spade, JackThreads, dan Warby Parker. Menurut wakil presiden divisi monetisasi Instagram James Quarles, uji coba ini merupakan strategi tahap awal bagi Instagram untuk membantu dan mendorong penggunanya untuk memilih dan membeli produk. Dalam uji coba ini, tim yang bersangkutan akan mengumpulkan data mengenai perilaku pengguna untuk memutuskan langkah yang selanjutnya dapat diambil. Menurutnya, ada kemungkinan mereka akan menambahkan fitur untuk membandingkan sebuah produk dengan produk yang lain. Atau, bisa saja mereka akan menambahkan fitur yang serupa dengan aplikasi Pinterest, yang dapat menyimpan postingan yang menginspirasi.

Instagram sendiri sebenarnya merupakan platform yang populer digunakan untuk bisnis, terutama untuk memasarkan produk. Diharapkan dengan adanya fitur baru ini, pengguna akan lebih dimudahkan untuk shopping di Instagram dan tentunya semakin betah nongkrong di media sosial ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID