News

Instagram Uji Coba Tampilan Baru yang Lebih Minimalis

[Foto: Freestocks.org]
[Foto: Freestocks.org]
Instagram sepertinya diam-diam tengah menguji coba tampilan antarmuka baru yang lebih minimalis dengan tema warna monokrom.

Instagram merupakan salah satu aplikasi fotografi berbasis jaringan sosial yang paling populer di dunia. Meskipun pada saat diluncurkan sudah banyak aplikasi foto yang lain, namun perusahaan ini berhasil mencuri perhatian berkat tampilannya yang lebih rapi dan banyaknya ragam filter foto yang ditawarkannya. Ditambah lagi, aplikasi ini gratis dan sama sekali tidak memunggut biaya sepeserpun dari penggunanya, berbeda dengan aplikasi foto lain yang menerapkan sistem in-app purchase (pembelian dalam aplikasi) pada layanannya.

[Gambar: Anton Abramov via TheVerge.com]
[Gambar: Tampilan Instagram baru yang sedang diujicoba | Anton Abramov via TheVerge.com]
Seorang pengguna Instagram yang beruntung, Anton Abramov, telah menikmati tampilan monokrom Instagram yang baru. Ia mengirimkan screenshot dari wajah baru Instagram pada The Verge pada hari Selasa (26/04/2016) lalu. Nampak dalam screenshot, tampilan antarmuka Instagram yang sedang diujicoba ini didominasi oleh warna putih. Selain itu, bisa dilihat bahwa hampir seluruh ikon dalam aplikasi tersebut didesain ulang. Ikon kamera berubah menjadi lebih simpel dan tab notifikasi sekarang diwakili oleh ikon hati, bukan hati dalam balon dialog.

[Gambar: Tampilan antarmuka Instagram yang lama]
[Gambar: Tampilan antarmuka Instagram yang lama]
Meskipun memang belum ada kepastian apakah tampilan baru ini akan dirilis ke publik, namun setidaknya Instagram mengakui bahwa pihaknya memang sedang menguji coba desain tampilan baru untuk aplikasi berbagi foto ini. “Kami sering melakukan uji coba pengalaman baru pada sebagian kecil [pengguna] dalam komunitas global,” juru bicara perusahaan yang kini berada di bawah naungan Facebook ini menambahkan, “Kali ini hanya uji coba desain saja.”

Pilihan Instagram untuk menerapkan tampilan minimalis dan monokrom bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat, mengingat tampilan dan tone monokrom kini sedang begitu digemari oleh pengguna Instagram.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID