News

iPhone 2G Generasi Pertama Dijual Ratusan Juta di e-Bay

[Foto: bgr.com]
Jika Anda punya iPhone 7, mungkin Anda boleh berbangga. Selain fiturnya paling canggih, harganya pun bisa menaikkan status sosial. Namun, berbahagialah jika Anda yang masih memiliki iPhone 2G generasi pertama. Pasalnya, jika Anda menjualnya, mungkin Anda bisa membeli 1 unit city car keluaran terbaru. Ya, smartphone tersebut kini menjadi barang langka berharga fantastis!

Di situs lelang e-Bay, bertebaran iklan-iklan iPhone 2G yang rata-rata dijual dengan harga selangit, khususnya untuk yang masih disegel rapi dalam kemasan aslinya. Salah seorang penjual misalnya, berani memasang harga hingga 23.749 USD atau lebih dari Rp 316,6 juta untuk iPhone generasi pertama dalam kemasan original yang belum dibuka.

Memang, sebagian penjual lainnya memasang banderol lebih mudah. Namun tetap berada di kisaran ribuan dollar AS untuk barang dengan kondisi yang sama. Dilansir dari BGR, iPhone generasi pertama yang sudah dikeluarkan dari kotak kemasan harganya jauh lebih rendah meski masih dalam kondisi seperti baru.

[Foto: bgr.com]
Kemungkinan besar, para peminat iPhone 2G adalah kolektor yang memang tidak berniat untuk memakai perangkat tersebut sehari-hari, melainkan untuk dibuat sekadar pajangan.

Baca Juga:  Dua Mahasiswa Amerika Ciptakan Sarung Tangan Untuk Terjemahkan Bahasa Isyarat

Seperti diketahui, harga iPhone generasi pertama telah merangkak naik sejak beberapa waktu lalu. Sebagai contoh, sebuah iPhone original pernah terjual seharga 15.000 USD atau hampir Rp 200 juta pada tahun 2014.

Perangkat Revolusioner

iPhone 2G pertama kali diperkenalkan oleh Steve Jobs pada 9 Januari 2007 dalam acara MacWorld Expo di Moscone Center, San Francisco. Berbeda dengan ponsel pada umumnya yang begitu diumumkan langsung tersedia, iPhone memerlukan hampir setengah tahun untuk kemudian dijual. Tepatnya tanggal 29 Juni 2007, iPhone generasi pertama tersebut resmi dijual di Apple Store Amerika. Itu juga masih menggunakan sistem penjualan kontrak dengan bundle operator AT&T.

Ponsel pertama yang dijual oleh Apple ini memberikan beberapa hal menarik yang belum pernah ada di zaman tersebut. Sebelum adanya iPhone 2G, manusia biasa menggunakan ponsel sederhana. Namun ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone 2G kepada dunia, sebuah perangkat komunikasi yang dibuat lebih interaktif dengan layar yang merespon terhadap sentuhan jemari tangan, orang-orang pun akhirnya berbondong-bondong pindah ke sebuah teknologi yang lebih maju.

Baca Juga:  Riset Kaspersky: Tiap 10 Detik, Satu Orang Diprediksi Terkena Ransomware

iPhone 2G memiliki dua varian memori internal, yaitu 4GB dan 8GB. Di saat itu, harganya adalah sekitar Rp 6,6 juta dan Rp 8 juta-an. Meskipun harganya sangat tinggi pada tahun 2007, namun iPhone 2G sangat diminati.

Lantas, apa saja kelebihan iPhone 2G? Yang pertama, layar sentuh multitouch terbesar (pada saat itu) yang sukses melahirkan cara pengoperasian yang benar-benar baru. Steve Jobs tak lupa pula memamerkan kemampuan iPhone 2G mengakses Google Maps lewat perbuatan isengnya memesan 4.000 cangkir kopi di Starbucks via telepon.  Adapun tombol akses minimalis dan beragam sensor seperti proximity, ambient light, dan accelerometer.

Meski memiliki teknologi yang sangat tertinggal, seperti jaringan EDGE, kamera 2 MP tanpa autofocus atau lampu flash, Bluetooth stereo, dan hal-hal ‘jadul’ lainnya, namun untuk benda bersejarah, iPhone 2G memiliki nilai yang sangat tinggi. Sebab, smartphone ini diburu para kolektor barang langka.

Ponsel yang berhenti diproduksi pada tahun 2008 ini telah terjual sebanyak 6,1 juta unit di seluruh dunia. Nah, jika Anda termasuk orang yang masih menyimpan iPhone 2G dan tetap membiarkannya dalam bungkusan serta tersegel rapi, siap-siap Anda menjadi jutawan dadakan! Karena banyak kolektor yang siap membayar iPhone 2G Anda berkali lipat dibandingkan ketika pertama kali diluncurkan.

Baca Juga:  Microsoft Rilis Aplikasi ChatBot Bernama Zo