News

iPhone 8 Kabarnya Akan Dilengkapi Dengan Teknologi “Wireless Charging”

[Gambar: Mock-up konsep iPhone 8 | bgr.com]
Setelah menghilangkan port headphone jack pada iPhone 7, kini Apple dikabarkan akan menerapkan wireless charger untuk iPhone 8. Apakah ini merupakan pertanda bahwa untuk ke depannya perangkat iPhone akan benar-benar bebas kabel?

Produsen komponen elektronik asal Taiwan, Foxconn, dilaporkan tengah menguji coba wireless charger yang kabarnya akan digunakan pada perangkat iPhone 8 yang dijadwalkan akan diluncurkan tahun 2017 mendatang. Meskipun begitu, seorang narasumber yang menolak disebutkan namanya menjelaskan: “Kehadiran fitur tersebut pada perangkat Apple yang terbaru sangat tergantung pada kinerja Foxconn, apakah mereka dapat meningkatkan tingkat keuntungan ke tingkat yang memuaskan.” Itu artinya, jumlah unit pada sebuah batch produksi yang dinilai “memuaskan” harus memenuhi tingkatan tertentu sebelum teknologi tersebut dapat diproduksi atau diterapkan dalam skala besar. Jadi, sebenarnya tidak ada jaminan bahwa wireless charger ini memang akan dihadirkan bersamaan dengan iPhone 8.

Sebenarnya, Apple sendiri memang sudah berusaha mengembangkan teknologi semacam ini selama bertahun-tahun. Bahkan, pada tahun 2013 lalu Apple telah menemukan sistem pengisian daya baterai secara nirkabel yang memanfaatkan teknologi near-field magnetic resonance untuk menyalurkan energi ke dalam ponsel. Perangkat Apple Watch merupakan salah satu produk Apple yang sudah menggunakan teknologi tersebut.

Yang jelas, jika Apple benar-benar akan menambahkan teknologi wireless charging ini, maka ada kemungkinan Apple juga akan menghilangkan lightning port pada perangkat iPhone. Tanpa adanya port untuk kabel (baik charger maupun headphone), iPhone 8 bisa saja menjadi smartphone nirkabel yang pertama di dunia. Apple dan Foxconn sendiri menolak untuk berkomentar ataupun mengkonfirmasi berita ini. Namun, pastinya pada tahun 2017 mendatang perangkat iPhone akan mendapatkan pembaharuan yang cukup signifikan. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari Apple.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID