Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Jangan Bingung! Ini Langkah Mudah Memindahkan Data Smartphone Android Lama

Orang pasti mengalami kejadian berupa mengganti smartphone lama ke smartphone yang baru. Hal tersebut wajar dilakukan disaat Anda menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih baik dari sebelumnya. Bukan cuma itu saja yang menjadi alasannya, sebab rilisnya smartphone baru di pasaran sering membuat banyak orang tergoda untuk membelinya.

Di saat mengganti smartphone Android ke smartphone yang baru akan muncul sebuah masalah yang harus dihadapi. Masalah yang perlu dihadapi adalah membawa semua data dan aplikasi yang ada ke smartphone yang baru. Dalam hal ini pihak Google memiliki banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk memindahkan data dan berbagai aplikasi ke smartphone yang baru.

Anda bisa memakai tools yang tepat untuk digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dengan cara yang lain.

Kali ini saya akan membagikan informasi untuk Anda mengenai cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan data dari Android lama ke Android yang baru.

1. Anda Perlu Mem-backup Smartphone

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan Anda menggunakan akun Google yang ada pada smartphone Android. Buka setting kemudian cari menu backup and reset, hal yang perlu diingat adalah lokasi menu ini berbeda-beda tergantung dari perangkat yang digunakan.

Baca Juga:  Riset: Di Media Sosial, 82 Persen Orang Benci Melihat Foto Selfie

Anda perlu memastikan back up my data and automatic restore sudah aktif dan terhubung dengan akun Google. Hal ini perlu dilakukan agar data aplikasi dan berbagai pengaturan smartphone sudah terkirim ke server Google. Sehingga data-data tersebut siap Anda gunakan di saat Anda login ke smartphone Android yang baru. Cara seperti ini memungkinkan setiap data dan pengaturan yang Anda gunakan pada smartphone lama akan berpindah ke smartphone baru.

Beberapa produsen smartphone juga mempunyai fitur backup data masing-masing.  Salah satu produsen smartphone yang memiliki fitur back up sendiri adalah Samsung. Anda bisa menggunakan fitur back up my data dari akun Samsung yang dimiliki. Cara seperti ini akan mem-backup sms, log telepon, kontak, dan email yang Anda gunakan di dalam Samsung.

Kelebihan dari Samsung adalah Anda bisa memilih data apa saja yang akan di back up.

2. Transfer SMS, MMS, dan Pesan WhatApp

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah memindahkan SMS dan MMS tidak banyak dilakukan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan SMS dan MMS tidak banyak digunakan oleh orang dan saat ini sudah tergantikan dengan aplikasi chatting yang ada.

Baca Juga:  Pilihan Smartphone Terbaru untuk Anda yang Suka Selfie

Jika Anda memiliki pesan WhatsApp, maka pesan tersebut bisa Anda backup dengan menggunakan fitur backup yang telah disediakan WhatsApp dan Google Drive. Cara seperti ini jauh lebih mudah untuk Anda lakukan dibandingkan dengan cara yang lain.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, beberapa produsen smartphone telah menawarkan aplikasi tertentu untuk memindahkan data dari Android lama ke Android yang baru. Beberapa contohnya adalah Samsung dan Motorola yang menawarkan aplikasi khusus untuk memindahkan data dari smartphone Android ke Android yang baru.

Bagaimana?

Cara di atas cukup sederhana untuk diterapkan bukan?

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya melalui media sosial yang Anda miliki agar banyak orang mengetahui informasi ini.

Selamat mencoba!