Tips & Guide

Jangan Jual Smartphone ‘Jadul’ Anda, Ini Fungsi Rahasia yang Bisa Anda Dapatkan

[Foto: flickr.com]
Tak bisa dipungkiri, jika smartphone merupakan salah satu perangkat teknologi yang paling cepat mengalami perkembangan. Maka tak jarang situasi ini mempengaruhi seseorang untuk berganti smartphone dengan cepat.

Namun setelah memiliki smartphone baru, banyak pengguna yang sering bingung memutuskan apa yang harus dilakukan dengan ponsel lamanya. Ada berbagai pilihan yang bisa diambil, misalnya dijual atau pun dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan lain.

Nyatanya, tidak semua pengguna mengetahui fungsi rahasia dari sebuah smartphone ‘jadul’. Lalu, apa saja fungsi yang bisa didapatkan dari smartphone lama? Dilansir dari business insider, berikut adalah ulasannya.

Jam Alarm

Alat yang kerap dilupakan sekaligus dibutuhkan. Dewasa ini, hampir jarang orang membeli jam khusus yang difungsikan sebagai alarm. Padahal, jam alarm berfungsi untuk membangunkan orang di pagi hari.

Kebanyakan orang kini lebih memilih memanfaatkan fitur jam di smartphone. Cara itu juga berlaku untuk smartphone yang sudah tak terpakai. Cukup letakkan di sebuah dock smartphone murah, lalu pasang aplikasi alarm yang banyak tersedia di toko aplikasi. Dan ponsel ‘jadul’ Anda telah menjadi jam alarm multifungsi.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Notifikasi pada Chrome Browser

GPS untuk Mobil

Anda bisa mengubah smartphone lama menjadi penunjuk jalan di mobil. Caranya adalah dengan memasang aplikasi pemetaan sebanyak-banyaknya seperti Waze, Google Maze, Here, atau aplikasi serupa.

Lalu, pasang di dashboard mobil dan perangkat itu dapat membantu Anda menunjukkan arah selama perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa mencolokkannya dengan kabel aux, sehingga smartphone Anda dapat berfungsi sebagai pemutar musik di dalam mobil.

Menunjang Olahraga

Smartphone ‘jadul’ Anda juga bisa menunjang kegiatan olahraga. Cukup format smartphone Anda dan pasang sejumlah aplikasi pendukung, seperti pemutar musik atau fitness tracking. Maka, ponsel pintar lama Anda dapat menjadi perangkat untuk membuat kegiatan olahraga makin menyenangkan. Untuk tambahan, cukup pasangkan dengan perangkat fitness tracker atau smartwatch dengan fungsi pendukung.

Kamera untuk Keamanan

Selain berkaitan dengan konten di smartphone, kamera pada perangkat lama juga bisa dimanfaatkan. Anda bisa mengubah smartphone lama tersebut menjadi sebuah kamera keamanan yang digunakan untuk memantau kondisi sekitar.

Cara melakukannya pun cukup mudah. Karena saat ini sudah ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan kamera untuk mendeteksi gerakan, kemudian mengirimkan notifikasi ke pengguna. Hanya perlu diingat, beberapa di antara aplikasi tersebut berbayar.

Baca Juga:  4 Langkah Tingkatkan ROI dalam Iklan AdWords

Menguatkan Sinyal Wi-Fi

Ingin mendapatkan sinyal Wi-Fi yang stabil dan baik ketika di rumah? Anda bisa manfaatkan smartphone lama untuk menjadi perangkat yang mampu menguatkan sinyal Wi-Fi di seluruh penjuru rumah. Terdapat aplikasi khusus yang memungkinkan smartphone memiliki fungsi tersebut. Namun perlu diingat, untuk melakukan ini diperlukan perangkat yang sudah di-rooting.

Sebagai Pusat Media

Seiring perkembangan smartphone, kebutuhan akan konten digital pun semakin berkembang. Saat ini, sebagian besar konten dapat diakses secara digital. Oleh sebab itu, Anda bisa manfaatkan perangkat ‘jadul’ Anda menjadi sebuah pusat media.

Cukup berbekal Chromecast, kabel HDMI atau kabel micro-USB, smartphone Anda bisa menjadi sebuah media portabel mini. Pasanglah sejumlah aplikasi penyedia konten, semacam Netflix, Hooq, Viu, Spotify, YouTube atau Iflix, dan hubungkan ke televisi.

Konsol Game Portabel

Anda bisa memanfaatkan smartphone lama Anda dengan mengubahnya menjadi sebuah konsol game portabel yang aman bagi anak-anak. Caranya pun cukup mudah. Hapuslah seluruh aplikasi yang tak diperlukan, lalu aktifkan modus terbatas atau Kids Mode yang biasanya ada di smarpthone Android. Lalu, pasang beragam game yang disukai anak, smartphone pun siap dimainkan.

Baca Juga:  Fitur Messenger Dalam YouTube Ini Bisa Bikin Anda Makin Betah di YouTube

Jadi, apakah Anda masih berniat menjual ponsel ‘jadul’ Anda? Semoga tips di atas bermanfaat untuk menunjang kebutuhan Anda sehari-hari.