Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Jangan Minder Dengan Android RAM Terbatas 1 GB, Ini 5 Langkah yang Membuat Smartphone Tetap Ringan

Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat semakin banyak aplikasi yang dikembangkan oleh Developer untuk digunakan di Android. Hal yang menjadi permasalahan adalah dengan banyaknya fitur pada aplikasi yang dikembangkan membuat kebutuhan RAM yang tinggi menjadi sebuah keharusan.

Lalu bagaimana dengan para pengguna Android yang memiliki smartphone dengan RAM 1 GB?

Apakah bisa menggunakan aplikasi dengan RAM yang terbatas?

Sebenarnya Android dengan RAM 1 GB bisa dan mampu berjalan lancar, jika Anda mengetahui caranya dengan benar. Kali ini saya akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja Android yang dimiliki.

1.Lakukan Root Pada Android yang Dimiliki

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan root pada smartphone Android yang dimiliki. Root yang dilakukan memungkinkan Anda untuk mengubah, menambah, dan menghapus segala hal yang ada didalam sistem Android yang dimiliki.

Jadi, saat Anda memiliki RAM yang terbatas, maka jangan ragu untuk melakukan root pada Android yang dimiliki.

2.Mulai Mengganti Launcher Pada Android yang Ada

Baca Juga:  Tutorial Membuat Website dengan WordPress untuk Anda yang Tidak Mau Ribet

Masing-masing produsen smartphone biasanya memiliki launcher yang berbeda-beda satu sama lain, contohnya saja TouchWiz UI dari Samsung atau ZenUI yang berasal dari ASUS. Walaupun memiliki banyak fitur yang bermanfaat, launcher bawaan ini akan memakan banyak sekali RAM.


Dikarenakan masalah di atas, Anda perlu mengganti launcher bawaan dengan launcher yang lebih ringan seperti Zero Launcher. Zero Launcher memiliki banyak fitur menarik yang tidak kalah dengan launcher yang dikeluarkan oleh launcher bawaan. Dengan launcher yang lebih ringan dan lebih kecil, maka RAM menjadi lebih bebas dan kinerja Android menjadi lebih baik.

3.Buang Aplikasi Bawaan yang Tidak Diperlukan

Saat pertama kali membeli smartphone pastilah ada aplikasi bawaan yang telah terpasang pada smartphone tersebut. Hal yang menjengkelkan adalah aplikasi bawaan tersebut ternyata tidak bisa dihapus, bahkan ada juga aplikasi yang tidak bisa dimatikan.

Hal di atas tentu membuat memori internal semakin penuh dan membuat RAM terkuras karenanya.

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut?

Baca Juga:  Google Maps Hadirkan Mode Wi-Fi Only dan Pilihan Simpan Peta di SD Card

Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama System App Remover yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan pada Android yang ada. Dengan menghapus setiap aplikasi yang tidak bermanfaat, maka Anda bisa membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan dan kinerja smartphone bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4.Gunakan Greenify untuk Menambah RAM

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar kinerja Android semakin baik dan lancar adalah dengan menambah RAM yang ada. Anda bisa menggunakan aplikasi Greenify yang memungkinkan Android yang Anda miliki semakin lega dan ringan untuk digunakan.

Dengan adanya aplikasi ini, maka Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih lancar dan ringan.

Bagaimana mudah dan sederhana bukan?

Cara di atas bisa Anda terapkan untuk membuat Android dengan RAM 1 GB menjadi lebih ringan dan kinerjanya lancar. Jika sudah menerapkan 4 langkah di atas, maka Android dengan RAM yang terbatas bukanlah halangan untuk mempermudah pekerjaan.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan informasi di atas melalui media sosial yang ada agar semakin banyak orang yang mengetahui caranya.

Baca Juga:  Aplikasi Email Favorit iOS Bakal Tersedia untuk Pengguna Android

Selamat mencoba!