Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Jangan Sampai Lupa VPN Setiap Menggunakan Koneksi Internet

Anda mungkin tahu apa itu VPN atau Virtual Private Network namun tetap saja tidak menggunakannya karena merasa tidak terlalu berguna. Hal ini dikarenakan Anda belum tahu apa fungsi dan manfaat penggunaan VPN setiap berselancar di dunia maya.

Padahal seperti yang kita ketahui, Internet merupakan lahan yang digunakan para hacker untuk mencuri informasi pribadi kita. Korbannya tidak hanya orang penting tapi orang biasa juga bisa menjadi target mereka. Apalagi media sosial kini bisa terhubung dengan kartu kredit.

Apa Itu VPN?

Pertama, mari kita berkenalan dengan VPN, yaitu sekelompok komputer (atau jaringan diskrit) yang digabungkan bersama dalam jaringan publik, yaitu internet. Dengan menggunakan VPN kita dapat merubah lokasi kita ketika mengakses internet.

Hal ini dimaksudkan untuk mengamankan dan mengenskripsi komunikasi serta data saat kita menggunakan jaringan publik yang tidak terpercaya. Atau dengan kata lain ketika sedang mengunjungi situs tertentu, server IPN akan berubah dan website tersebut melacak Anda sedang berada di lokasi yang tidak sebenarnya.

Baca Juga:  Cara Menyalin Semua URL yang Tengah Dibuka pada Mozilla Firefox

Kelebihan VPN

Selain dapat terhindar dari tindakan peretasan, VPN sendiri memiliki banyak manfaat. Misalnya, mengakses situs yang diblokir. Indonesia sendiri tercatat gemar sekali memblokir situs-situs yang penting, seperti Vimeo. Dengan menggunakan VPN kamu dapat mengakses situs tersebut tanpa ada masalah.

Ditambah VPN membuat riwayat pencarian di mesin pencari tidak akan terlacak sehingga data kamu tidak akan diambil. Kamu pernah mendapatkan pesan singkat untuk kredit? Atau Situs dewasa? Nah, sebenarnya data kau diambil dari internet dengan melihat interest pencarian.

Setelah mengenal dan mengetahui manfaat VPN. Berikut ini kamu sajikan VPN yang tersedia secara gratis dengan kualitas terbaik!

  1. TunnelBear

[Sumber: techradar.com]
Walaupun memiliki desain yang imut namun jangan salah, TunnelBear memiliki performa yang luar biasa sebagai layanan VPN. Tersedia secara gratis dan berbayar, software ini memungkinkan kamu untuk berjelajah di dunia maya dengan bebas.

TunnelBear versi gratis membatasi penggunaan Anda hanya sebanyak 500MB perbulan. Memang ini bukan kapasitas yang besar tetapi cukup berguna apabila Anda ingin mengaktifkannya di kala merasa jaringan internet tidak aman.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Kotak “Do you want to close all tabs?” pada Browser Edge

  1. Windscribe

Sebagai pendatang baru dalam layanan VPN, Windscribe cukup digemari oleh banyak pengguna karena menyediakan layanan gratis sebesar 10GB setiap bulannya disertai pilihan 8 server. Bila Anda berbagi mengenai software ini di Twitter maka akan diberikan ekstra kuota sebesar 5GB. Bahkan software ini menyediakan built-in Ads-Blocker dan Firewall sebagai proteksi komputer.

  1. Hotspot Shield Free

Siapa yang tidak mengenal software ini? Hotspot Shield Free telah menjadi salah satu VPN terbaik dan banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan layanan VPN ini Anda dapat mengakses hingga 25 negara tanpa batas namun bila ingin gratis, pilihan sangatlah terbatas.

Hotspot Shield Free dapat digunakan hingga 5 perangkat secara bersamaan dengan kapasitas 500 MB perhari. Kapasita sini sangat cukup dengan penggunaan yang tidak berlebihan dan disaat-saat tertentu saja.

  1. Speedify

Sesuai dengan namanya, Speedify tidak hanya menyediakan layanan VPN namun juga bisa mempercepat internet Anda. Layanan ini menyediakan versi gratis dengan kapasitas sebesar 5GB di awal bulan pertama namun turun menjadi 1GB untuk bulan-bulan selanjutnya.

Baca Juga:  Perhatikan, Ini Tanda-Tanda Facebook Anda Dihack

Nah itu dia serba serbi soal VPN yang dapat menjadi pertimbangan Anda butuh atau tidak menggunakannya. VPN terbaik akan menawarkan kesimbangan fitur, ragam lokasi server, protokol konektivitas dan harga yang masuk akal. Silahkan gunakan versi gratis untuk membandingkan antar software dan bila cocok jangan ragu untuk menggunakan versi premium-nya.