Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Jeli Melihat Peluang Usaha di Sekitar Kampus dan Gedung Perkantoran

Melihat Peluang Usaha yang Ada di Sekitar Anda

Jeli melihat peluang usaha di sekitar kampus dan gedung perkantoran menjadi hal utama ketika Anda hendak membuka peluang usaha. Tak semua orang mampu melihat peluang usaha dengan baik, oleh sebab itu banyak orang yang memiliki uang malah bingung untuk menentukan peluang usaha apa yang mereka akan lakukan. 
 
Peluang usaha bisa Anda dapatkan di mana saja. Banyak yang mengincar peluang usaha di seputar kampus dan gedung perkantoran karena dianggap cepat memberikan keuntungan sehingga proses pengembalian modal akan lebih cepat dan peluang ini juga dirasa memiliki konsumen yang ramai di sekitarnya.
 
Agar Anda dapat jeli melihat peluang usaha di sekitar kampus dan gedung perkantoran, ada baiknya lihat tips cara jeli melihat peluang usaha:
 

1. Cari Tahu Kebutuhan

Sebelum membuka usaha disekitar Anda, ada baiknya Anda mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan di kampus atau gedung kantor sekitar Anda. Misalnya, untuk daerah kampus banyak mahasiswa/i yang membutuhkan jasa fotocopy atau jasa pengetikan.
Dengan mengetahui kebutuhan dan keperluan mereka yang sehari-hari berinteraksi di gedung perkantoran ataupun wilayah kampus, diharapkan usaha Anda akan terus berkembang banyak diminati.

2. Hobi 

Banyak yang mengatakan bahwa membuka usaha yang baik adalah berdasarkan dari hobi dan kesukaan Anda. Sebab di saat Anda menjalani usaha berlandaskan dengan kesenangan yang Anda miliki, rasa tanpa tekanan pun akan muncul. Dengan demkian Anda tidak akan merasa terbebani dengan apa yang menjadi tuntutan dalam membuka usaha.
Baiknya kenali hobi dan kemampuan Anda yang bisa dijadikan peluang usaha. Anda yang hobi bermain game, kenapa tidak membuka usaha rental game di lingkungan kampus? Pasti banyak mahasiswa yang akan datang sekadar melepas penat setelah mengerjakan tugas mereka.
 
 

3. Trend


Tidak ada yang salah ketika Anda membuka peluang usaha berdasarkan trend yang terjadi di masyarakat. Dengan mengikuti perkembangan berita sambil terus melakukan aktivitas, Anda dapat mengidentifikasi trend pasar, model baru, dan berita industri yang bisa dijadikan peluang usaha yang besar.
Misalnya, trend kuliner Indomie yang saat ini telah banyak dimodifikasi dalam pengolahan dan pemberian topping yang dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan selera. Trend ini dapat diterapkan di sekitar kampus atau gedung perkantoran untuk menarik minat beli siswa atau karyawan.
Saat Anda membuka peluang usaha berdasarkan trend, ada baiknya Anda berinovasi terus menerus agar usaha tetap berjalan. Bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda-lah yang menciptakan trend pasar dan diikuti oleh orang lain.
4. Penelitian Pasar
Mencari ide bisnis atau peluang usaha melalui penelitian pasar sangat penting dilakukan. Sebab, dengan melakukan penelitian, kita akan tahu apa yang telah menjadi keinginan dari calon pembeli.
Penelitian pasar untuk bisnis yang lebih besar mungkin akan melalui beberapa tahapan seperti persiapan, pengumpulan dan pengolaha data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hargailah proses, jangan pernah tergiur untuk melompati tahapan-tahapan ini. 

5. Tambahkan Nilai Produk yang Sudah Ada

Jika Anda telah memiliki usaha yang menjual akan produk barang, maka ada baiknya apabila Anda bisa menambahkan produk jasa untuk membantu memenuhi kebutuhan dari calon pembeli.
Misalnya Anda memiliki kos-kosan di dekat kampus atau wilayah perkantoran, tidak ada salahnya Anda juga membuka jasa pencucian baju kepada mereka. Diketahui, jasa ini sangat membantu dan mereka bersedia membayar lebih untuk itu.
 
 
Dapatan ide-ide segar saat melihat peluang usaha di sekitar Anda seperti kampus dan gedung perkantoran. Ada baiknya Anda dapat mencatat semua ide tersebut untuk kemudian dipelajari dan diterapkan pada bisnis Anda.
 
Biarkan pikiran Anda terbuka dan terus mengkaji segala sesuatu yang Anda baca dan dengar dari sudut pandang kewirausahaan. Anda mungkin tidak serta-merta mewujudkan ide peluang usaha tersebut keesokan harinya, tapi setidaknya Anda sudah menemukan ide cemerlang untuk bisnis yang akan dijalani di kemudian hari.