News

Kamera Bawaan iPhone Kabarnya Akan Mendukung Augmented Reality

[Foto: Dayne Topkin | Unsplash.com]
Apple dikabarkan tengah berencana untuk mengintegrasikan augmented reality (AR) pada aplikasi kamera bawaan iPhone. Dengan ini, Apple menegaskan bahwa pihaknya percaya sektor AR memang memiliki potensi yang baik untuk ke depannya, bahkan melebihi virtual reality (VR). CEO Apple Tim Cook juga sebelumnya memang pernah mengungkapkan ketetarikan Apple terhadap AR pada saat konferensi laporan keuangan kuartalnya pada Juli lalu. Untuk mewujudkan rencana ini, Apple kabarnya telah merekrut karyawan-karyawan dari berbagai perusahaan AR yang terlibat, seperti Metaio dan Flyby Media.

Sejauh ini, belum ada informasi resmi mengenai fitur apa yang tengah direncanakan Apple dengan mengintegrasikan teknologi AR pada kameranya. Namun, seperti yang dikutip dari Mac Rumors, bisa disimpulkan bahwa Apple bertujuan untuk memberikan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengarahkan kamera pada sebuah objek yang ada di dunia nyata, yang kemudian bida diidentifikasi oleh kamera iPhone.

Selain itu, disinyalir bahwa Apple juga ingin menambahkan software face recognition yang lebih mutakhir ke dalam aplikasi kameranya dengan dukungan dari teknologi AR. Dengan ini, aplikasi kamera bawaan iPhone kelak dapat mengidentifikasi dan juga memanipulasi wajah orang. Untuk mendukung perkembangan teknologi ini, Apple juga berencana untuk merilis Software Development Kit (SDK) bagi para developer aplikasi untuk dapat mengintegrasikan AR pada aplikasinya.

Beberapa pihak memperkirakan bahwa semua langkah ini diambil karena Apple memang tengah berencana untuk meluncurkan smart glasses yang bisa diintegrasikan dengan iPhone secara wireless (nirkabel) dan menampilkan “gambar dan informasi lainnya” pada pengguna. Meskipun begitu, proyek smart glasses ini sendiri masih berada dalam tahap awal, sehingga belum ada kepastian kapan produk ini akan diluncurkan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID