News

Karena Alasan Keamanan, Lenovo Imbau Penggunanya Untuk Hapus Akselerator Aplikasi

[Gambar: Lenovo.com]
Lenovo menghimbau kepada penggunanya untuk segera menghapus akselerator aplikasi (Application Accelerator) di perangkatnya masing-masing karena adanya masalah keamanan yang serius dalam aplikasi tersebut.

Perusahaan asal Tiongkok ini mengungkapkan dalam pernyataannya bahwa fitur auto-update pada software tersebut sangat rentan untuk dibajak, sehingga sangat berpotensi untuk dimanfaatkan oleh “man-in-the-middle” (MitM) untuk menyerang penggunanya.

Seperti yang dilansir ZDNet, serangan MiTM biasanya muncul pada saat sebuah perangkat atau browser yang sudah terinfeksi malware berinteraksi dengan server yang tidak aman.

Tidak seperti adware, jenis serangan seperti ini tidak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa aktivitas pengguna sedang dimonitor. Tahu-tahu saja, data-data penting seperti rincian finansial atau surat-surat penting bisa dibekukan dan dicuri oleh mereka. Oleh karena itu, Lenovo sangat menyarankan agar aplikasi tersebut segera diuninstall.

Tech Times juga mengabarkan bahwa beberapa desktop PC dan laptop dari Lenovo, termasuk seri Yoga, sangat rentan terhadap serangan MiTM ini.

Pada dasarnya, akselerator aplikasi Lenovo ini digunakan untuk mempercepat pengoperasian aplikasi-aplikasi di Lenovo. Akselerator ini juga sudah terinstall secara default di beberapa notebook dan perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Himbauan Lenovo kepada konsumen untuk menghapus akselerator aplikasi tersebut dilandasi oleh investigasi yang dilakukan oleh Duo Labs yang berhasil membongkar kecacatan dalam mekanisme update pada akselerator aplikasi tersebut.

Berdasarkan informasi dari Extreme tech, masalah keamanan ini bukan yang pertama kalinya dialami oleh Lenovo. Tahun lalu, para peneliti keamanan juga menunjukkan bahwa produk-produk Lenovo memiliki sistem keamanan paling buruk setelah Sony rootkit pada tahun 2005.

Untuk menghapus akselerator aplikasi ini, pengguna cukup membuka ‘Apps and Feature’ di Windows 10, kemudian pilih ‘Lenovo Accelerator,’  lalu pilih ‘Uninstall.’

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID