Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Kehabisan Memori Smartphone Android? Ikuti Langkah-Langkah Ini untuk Menanganinya

Bayangkan ketika kamu ingin memasang game baru lalu muncul notifikasi memori telah penuh. Tentu sangat menyebalkan bukan? Ruang memori yang kecil sering kali menjadi masalah bagi pengguna Android. Berikut ini kami sajikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyediakan ruang di memori kamu.

  1. Menghapus Cache di Aplikasi

[Sumber: www.pcworld.com]
Data cache biasanya sering menyimpan ruang yang cukup besar. Pada dasarnya file ini hanyalah sampah dan bisa dihapus untuk memberikan ruang yang lebih besar. Caranya sangat mudah, buka ‘Settings’ lalu pih ‘Storage’ dan ‘Cached Data’ kemudian ‘Ok’ ketika jendela konfirmasi muncul. Secara otomatis seluruh cached di semua aplikasi akan terhapus.

  1. Bersihkan Folder Download

[Sumber: www.pcworld.com]
Coba perhatikan folder download terkadang ada beberapa file yang memiliki ukuran sampai puluhan megabytes. Cara untuk menghapusnya buka aplikasi di ‘Setting’ dan klik ‘Download’ untuk melihat apakah ada folder unduhan yang tersembunyi.

Selanjutnya klik ikon tiga baris di pojok atas layar dan urutkan daftar unduhan dari yang terbesar ke terkecil. Lihat lah aplikasi mana yang memonopoli ruang penyimpanan paling banyak. Bila kamu tidak membutuhkan aplikasi tersebut silahkan klik dan tahan file lalu geser ke ikon ‘Trash’.

  1. Hapus Foto yang Telah DiBack-Up
Baca Juga:  Cara Ampuh untuk Menarik Perhatian Pembeli

[Sumber: pcworld.com]
Google Photo merupakan salah satu kelebihan dari Android. Melalui fitur dan aplikasi ini, pengguna dapat menyimpan file foto di cloud secara otomatis. Setiap kamu mengambil gambar otomatis file akan tersimpan di cloud dan galeri. Ini memudahkan kamu untuk memiliki penyimpanan data yang lebih besar.


Untuk menghapus foto caranya sangat mudah. Pertama, buka ‘Photo App’ lalu klik tombol dengan ikon tiga baris di sudut kiri layar atas, lalu klik ‘Free up device storage’. Selanjutnya, kamu akan diberikan informasi berapa banyak foto yang dapat dihapus dari penyimpanan memori di ponsel. Silahkan klik ‘Ok’ untuk melanjutkan proses penghapusan.

Catatan: Jika kamu menggunakan pengaturan ‘High Quality’ di bagian ‘Setting’ namun menyimpan foto dengan kualitas rendah di cloud maka ketika menggunakan fitur ‘Free up device storage’, file gambar orisinal akan terhapus. Pastikan kamu telah menyimpan file tersebut di lokasi lain.

  1. Kelola Musik dan Podcast

Aplikasi Google Play Music memberikan pengguna dua opsi ketika harus menyimpan lagu di perangkat Android, petama kamu dapat memilih secara manual lagu atau album yang dibeli atau membarkan Google sendiri yang menentukan untuk kamu. Apapun pilihannya, banyak pengguna yang akhirnya menyimpan lagi di perangkat dan menyisakan ruang sedikit.

Baca Juga:  Prisma - Aplikasi Mobile Pengedit Foto yang Tidak Biasa, Kini Hadir di Android

Sama halnya dengan podcast, bila kamu mengatur Google Play Music untuk mendowload secara otomatis episode terbaru dari podast yang kamu ikuti tentu dibutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Apalagi jika kamu berlangganan lebih dari satu podcast, setiap episodenya memakan ruang hingga beberapa megabytes.

Untuk mengaturnya silahkan klik ikon tiga barus di Play Music lalu klik ‘Settings’ dan pilih ‘Manage Downloads’. Untuk menghapus unduhan lagu atau podcast dari penyimpanan memori internal, silahkan tekan tombol dengan warna oranye di sebelah kanan sebelah filenya.

Kamu dapat menggunakan metode yang sama untuk mengelola unduhan di aplikasi Play Film & TV.

  1. Hapus Area Offline di Google Maps

[Sumber: pcworld.com]
Kemudahan bernavigasi diberikan Google Maps dengan menghadirkan fitur mengunduh area di peta. Sehingga tanpa internet sekalipun Google Maps dapat membantu kamu dalam berkendara. Sayangnya, peta offline ini memakan hingga satu gigabyte penyimpanan.

Kamu dapat memerika berapa banyak ruang yang digunakan peta offline dengan klik tombol menu tiga baris di sudur kiri atas di Google Maps, lalu pilih ‘Offline’. Akan tersajikan daftar peta offline yang telah diunduh beserta besar memorinya. Klik peta dan pilih ‘Delete’ untuk menghapusnya.

Baca Juga:  Ini Dia Sapio, Aplikasi Kencan Yang Mencocokkan Penggunanya Berdasarkan Tingkat Kepintaran

Itulah kelima cara untuk mengembalikan kapasitas ruang penyimpanan di ponsel Android. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu menganalisis penggunaan memori, misalnya App Usage, App Tracker dan QualityTime.