Home  »  News   »  
News

Kelebihan Teknologi Bluetooth 5.0 Terbaru Dibandingkan dengan Versi Sebelumnya

[Foto: Shutterstock]
Samsung Galaxy S8 yang telah diluncurkan bulan lalu membawa beberapa fitur baru, seperti layar edge-to-edge, pemindai mata, dan Bluetooth 5.0, yang merupakan standar Bluetooth terbaru. Umumnya, kita menggunakan Bluetooth untuk bertukar data secara nirkabel melalui jarak pendek dan sejauh ini, fungsinya masih belum berubah. Namun tentu saja, teknologi Bluetooth terbaru ini memiliki beberapa perbedaan dengan versi lamanya.

Bluetooth versi 5.0 telah diresmikan oleh Bluetooth Special Interest Group di sebuah gelaran di London baru-baru ini. Sementara Samsung Galaxy S8 adalah perangkat pertama yang dilengkapi dengan teknologi tersebut. Beberapa smartphone lainnya kemungkinan akan mulai menggunakan Bluetooth 5.0, seperti Google Pixel 2 dan Samsung Galaxy Note 8.

Jadi, apa perbedaan Bluetooth versi 5.0 dengan versi sevelumnya?

Yang paling signifikan adalah, versi terbaru ini jauh lebih kuat dalam hal jangkauan dan kecepatan dibandingkan dengan standar Bluetooth sebelumnya, yakni Bluetooth 4.0. Sederhananya, teknologi baru ini akan membuat koneksi Bluetooth lebih cepat dan stabil, karena jangkauannya empat kali lebih luas, kecepatannya dua kali lipat, dan kapasitas penyebarannya delapan kali lebih besar dibandingkan Bluetooth 4.0.

Baca Juga:  Di India, Xiaomi Berhasil Jual 1 Juta Unit Smartphone dalam Hitungan Menit

Beberapa perubahan yang bisa dirasakan pengguna smartphone dan perangkat Bluetooth sehari-harinya meliputi:


Proses pairing Bluetooth yang lebih singkat: Umumnya, proses pairing Bluetooth agak lambat, dan Anda harus menunggu sampai kedua perangkat yang dihubungkan dengan Bluetooth terpasangkan. Jika Anda menghubungkan banyak perangkat sekaligus dengan Bluetooth 4.0, tentu prosesnya akan lebih lama.

Dengan Bluetooth 5.0, proses transfer data berlangsung dua kali lebih cepat. Tidak hanya proses pairing yang lebih cepat, Bluetooth 5.0 juga mempercepat hubungan dengan perangkat lainnya, seperti transfer suara ke speaker atau headphone Bluetooth yang bebas delay.

Konektivitas yang lebih baik karena jangkauan lebih tinggi: Salah satu kelemahan utama dari Bluetooth dibandingkan dengan teknologi seperti Wi-Fi Direct adalah masalah jangkauan yang sempit.

Sebelumnya, jika Anda meletakkan ponsel dalam sebuah ruangan, hampir tidak mungkin untuk menghubungkannya ke perangkat atau ponsel di ruangan lain. Jangkauan maksimum teoritis dari Bluetooth 4.0 adalah 50 meter, dengan catatan kedua perangkat harus berada dalam jarak pandang mata. Kenyataannya, Anda harus memposisikan perangkat-perangkat yang akan dihubungkan dalam jarak kurang dari 10 meter agar koneksinya baik. Artinya, Anda tidak bisa berada terlalu jauh dari ponsel Anda jika ingin mendengarkan musik dengan headphone Bluetooth Anda.

Baca Juga:  Ubah Speaker Jadul Jadi Speaker Wireless dengan Bluetooth Audio Reciever

Namun Bluetooth 5.0 memiliki jangkauan empat kali lipat lebih luas dari versi sebelumnya, yakni maksimal 200 meter dengan berhadapan langsung, dan sekitar 40 meter dalam penggunaan umum.

Kecepatan transfer data yang lebih baik: Bluetooth 5.0 menawarkan delapan kali kecepatan transfer dibandingkan kemampuan Bluetooth 4.0. Hal ini memungkinkan Anda menikmati fitur baru, yakni kemampuan untuk menghubungkan smartphone ke dua perangkat Bluetooth pada saat yang sama.

Penyiaran yang lebih baik: Broadcasting melalui Bluetooth umumnya digunakan oleh pengembang untuk menciptakan pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih baik. Bluetooth 5.0 memungkinkan Anda untuk melakukan siaran delapan kali lebih cepat dibandingkan standar Bluetooth sebelumnya. Cukup signifikan bukan?