News

Kembangkan Produk Bertenaga Surya, Tesla Resmi Bergabung Dengan SolarCity

[Foto: thenextweb.com]
Pada pagi ini (2 Agustus 2016) Tesla mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk bergabung dengan perusahaan energi tenaga surya, SolarCity. Rencana akuisisi dengan perusahan teknologi tenaga surya ini kabarnya sudah disetujui dan berupa sebuah transaksi saham senilai $2,6 miliar.

Kedua perusahaan ini berharap dengan akuisisi ini mereka dapat meningkatkan bisnis energi baterai dan tenaga suryanya, dan menjadikannya sebuah perusahaan yang fokus terhadap energi berkelanjutan. Menurut Tesla, keputusan mereka untuk membeli SolarCity dapat membantu mereka untuk menghasilkan produk rumahan maupun komersil yang terintegrasi secara penuh.

Produsen mobil ini sebenarnya sudah menawarkan untuk mengakuisisi SolarCity sejak bulan Juni lalu sebagai bagian dari “Secret Master Plan” milik CEO Tesla, Elon Musk. Kerja sama jangka panjang ini menawarkan sebuah perencanaan yang ambisius untuk masa depan kedua perusahaan tersebut. Perencanaan tersebut meliputi rencana untuk membuat “atap bertenaga surya yang menakjubkan dengan penyimpanan baterai yang terintegrasi” serta memperluas lineup kendaraan listrik Tesla yang akan mencakup sistem angkutan umum dan truk besar.

Setelah akuisisi ini, Musk otomatis akan menjadi chairman SolarCity lalu perusahaan gabungan ini berencana untuk mengembangkan perangkat penyimpanan energi Powerwall dari Tesla dan mengembangkan lebih banyak produk tenaga surya lainnya. Selain itu, SolarCity juga dapat memanfaatkan jaringan toko ritel Tesla yang luas  untuk menjual perangkatnya.

Dalam pernyataan Tesla di sebuah postingan blog:

Ini merupakan waktu yang tepat untuk menyatukan kedua perusahaan ini: Tesla tengah bersiap-siap untuk mengembangkan perangkat Powerwall kami dan produk penyimpanan stasioner, Powerpack. Sementara itu, SolarCity juga bersiap-siap untuk menawarkan solusi tenaga surya yang berbeda kepada generasi selanjutnya. Dengan menggabungkan kedua perusahaan, kami dapat beroperasi secara efisien dan mengintegrasikan seluruh produk kami.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID