News

Kembangkan Teknologi AI, Apple Dirikan Pusat Riset dan Pengembangan di Jepang

[Foto: macrumors.com]
Mengamati kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Jepang, nampaknya Jepang memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi artifical intelligence (AI) Apple.

Seperti yang dilansir Nikkei Asian Review, Cook mengungkapkan bahwa pusat penelitian dan pengembangan Apple yang tengah dibangun di Yokohama akan berfokus pada “deep engineering” pada teknologi machine learning. Ia tidak menerangkan secara spesifik, namun menurutnya fasilitas ini berbeda dengan fasilitas baru Apple di Beijing dan Shenzen yang dirancang untuk lebih berfokus pada sektor hardware. Selain itu, Cook juga mengimplikasikan bahwa salah satu tujuan dari dibangunnya fasilitas baru di negeri sakura itu adalah untuk mengembangkan layanan artificial intelligence pada produk-produk Apple. Ia juga menekankan bahwa pendapat dan keahlian para pakar Jepang di sektor tersebut sangatlah diperlukan oleh Apple.

“AI memang bersifat horizontal, ia digunakan di semua produk, dan digunakan dengan cara-cara yang tak terpikirkan oleh kebanyakan orang,” kata Cook dalam sebuah wawancara. “Kami ingin AI dapat meningkatkan daya tahan baterai Anda, merekomendasikan musik pada pelanggan Apple Music … membantu Anda mengingat di mana Anda memarkir mobil Anda.”

Jepang juga kabarnya telah membuka Center for Advanced Integrated Intelligence in Tokyo (RIKEN), sebuah fasilitas yang secara khusus bertujuan untuk mengembangkan sistem AI yang lebih canggih dan inovatif. Institusi ini juga akan bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar seperti Sony, NEC dan Toyota. Keputusan Apple untuk memusatkan riset dan pengembangan AI-nya di Jepang merupakan sebuah langkah yang tepat. Jepang sendiri memang bukanlah pemain baru dalam industri robotika ataupun AI. Selain itu juga, pemerintahan Jepang dikenal sangat suportif dan kerap kali menyuntikkan dana untuk mengembangkan sektor AI di negaranya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID