News

Kerja Sama Grab dan Samsung: Hiburan Infotainmen Selama Perjalanan dan Cicilan Handphone High-end untuk Pengemudi

Kerja Sama Grab dan Samsung: Hiburan Infotainmen Selama Perjalanan dan Cicilan Handphone High-end untuk Pengemudi
[Foto: Samsung]
Grab, salah satu aplikasi pelayanan transportasi dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, dan Samsung Electronics, salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, telah mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani MOU untuk mendorong penyertaan digital di Asia Tenggara.

Grab dan Samsung akan bekerja sama dalam berbagai inisiatif untuk menghadirkan manfaat teknologi, seperti meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan peluang pendapatan, hingga jutaan konsumen dan mitra driver Grab di seluruh Asia Tenggara.

Grab adalah pemimpin pasar dalam perjalanan di Asia Tenggara, sebuah industri yang merupakan salah satu sektor layanan Internet yang paling cepat berkembang dan diperkirakan akan menjadi pasar senilai $25 miliar pada tahun 2022 di wilayah ini.

Sebagai bagian dari kolaborasi strategis yang luas, Grab dan Samsung akan mengembangkan solusi khusus untuk industri ride-hailing, termasuk skema pembiayaan mikro untuk lebih dari 2,3 juta mitra driver Grab, perbaikan sistem pemesanan pelanggan dan peningkatan pengalaman dalam mobil, dan solusi mobilitas baru. Kedua perusahaan juga akan bekerja sama untuk memperluas ekosistem pembayaran mobile yang terfragmentasi di Asia Tenggara dan memberikan solusi pembayaran mobile yang akan melayani kebutuhan konsumen di Asia Tenggara.

Anthony Tan, Group CEO dan Co-founder Grab, mengatakan, “Asia Tenggara adalah rumah bagi pasar berkembang dengan pertumbuhan tercepat di dunia, namun banyak di kota-kota kecil dan kota-kota tidak memiliki akses mudah ke ekonomi digital yang berkembang. Teknologi mobile dapat menjembatani kesenjangan infrastruktur dan membuat pertumbuhan ekonomi lebih inklusif. Samsung adalah salah satu perusahaan teknologi paling inovatif di dunia, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan mereka untuk memberdayakan lebih banyak orang di Asia Tenggara untuk memperbaiki mata pencaharian mereka dan memberikan layanan digital yang lebih banyak untuk semua orang di platform Grab.”

Baca Juga:  Theranos Dituntut Oleh Pemegang Saham Terbesarnya Atas Gugatan Penipuan

Sangchul Lee, Presiden dan CEO, Samsung Electronics, Asia Tenggara & Oceania, mengatakan, “Di sini, di Samsung, mengembangkan inovasi yang berarti untuk kemajuan kehidupan konsumen kita selalu menjadi inti dari apa yang kita lakukan. Kami percaya di Internet Hal; berbagai manfaat yang dihadapi dunia yang terhubung secara digital, dan kami sangat antusias untuk menjadi mitra Grab untuk memberi konsumen di kawasan ini serangkaian solusi digital yang lebih baik untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mengeksplorasi bagaimana kita dapat bekerja sama untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan ekonomi digital Asia Tenggara secara besar-besaran. ”


Kolaborasi strategis akan diluncurkan secara bertahap di semua negara di Asia Tenggara, di mana Grab beroperasi. Pada tahap awal, Grab dan Samsung akan melakukan kerja sama:

Pembiayaan mikro untuk pembelian smartphone untuk Pengemudi

Lebih dari 2,3 juta Ambil mitra pengemudi di seluruh Asia Tenggara akan memiliki akses ke program pembiayaan mikro yang berfokus untuk memberi mereka akses ke teknologi seluler yang tangguh, yang akan mengurangi biaya pembelian smartphone dan juga menurunkan biaya perawatan berkelanjutan dengan perangkat lunak dan fitur keamanan yang superior. Ini adalah bagian dari program Grab’s Better 365 yang memberikan lebih banyak keuntungan dan penghematan biaya bagi para driver.

Baca Juga:  Startup Indonesia Traveloka Sponsori Acara Televisi Internasional Asia’s Got Talent

Inisiatif ini diujicobakan di Myanmar pada Q4 2017, di mana hanya 30 persen orang dewasa memiliki akses terhadap layanan keuangan formal, dan akan segera diluncurkan di seluruh wilayah ini. Saat ini, pengemudi di Myanmar yang mendaftar dengan Grab dapat membeli dan memiliki perangkat Samsung berkualitas tinggi dan mendapatkan pinjaman mikro dari CB Bank, salah satu bank terbesar di Myanmar dan mitra perbankan lokal Grab, untuk membiayai perangkat ini. Dalam waktu kurang dari tiga bulan pilot, lebih dari 1.400 pengemudi di Myanmar mendapat manfaat dari program ini.

Perbaikan Pengalaman Pengguna di GrabKiosks dan GrabBooths

Untuk membuat layanan Grab lebih mudah diakses oleh penumpang dan pelanggan di Asia Tenggara, Grab akan mengenalkan GrabKiosks dan GrabBooths yang lebih banyak di pusat konsumen yang sibuk seperti pusat perbelanjaan, hotel dan bandara. Fitur ini perangkat Samsung dengan aplikasi perusahaan Grab yang telah terpasang sebelumnya, yang memungkinkan perorangan dan layanan concierge untuk memesan Grab ride untuk mereka sendiri atau orang lain, bahkan saat mereka tidak memiliki konektivitas data.

Baca Juga:  Startup Baru Indonesia BeliMobilGue, Didanai Rp49,3 M untuk Permudah Menjual Mobil Pribadi

Perangkat Samsung dirancang untuk penggunaan sehari-hari di ruang publik. Perangkat di GrabKiosks and GrabBooths di Indonesia dan Myanmar telah dipasang dengan perangkat lunak keamanan mobile Samsung Knox, memastikan keamanan informasi perangkat Grab, mengurangi biaya downtime dan perawatan, memungkinkan Grab untuk lebih melayani pelanggannya. Ini akan diluncurkan di Vietnam dan Singapura di Q1, dan negara-negara lain di Asia Tenggara di akhir tahun.

Layanan Infotainmen di Mobil-mobil Grab Tertentu

Grab dan mitra-mitra kontennya akan mengembangkan layanan multimedia dalam mobil di Singapura, memasang tablet Samsung di dalam mobil agar pengguna dapat melihat konten infotainmen, jika mereka menginginkan, selama perjalanan mereka. Ini akan diujicobakan di seluruh Asia Tenggara tahun ini.

Grab mengoperasikan jaringan transportasi terbesar di Asia Tenggara dan merupakan salah satu platform mobile yang paling sering digunakan di wilayah ini dengan lebih dari 3,5 juta perjalanan setiap hari. Aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 77 juta perangkat seluler, memberikan akses penumpang ke armada transportasi darat terbesar di kawasan ini yang terdiri dari lebih dari 2,3 juta pengemudi. Grab menawarkan layanan mobil pribadi, sepeda motor, taksi, dan carpooling di delapan negara dan 168 kota di Asia Tenggara.