Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ketahui Siapa yang Mencuri Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi Ini

Laptop merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan beragam dokumen penting, termasuk didalamnya tugas kuliah, dokumen pekerjaan, dan lain sebagainya. Sangat mengecewakan dan menyedihkan sekali, jika laptop yang Anda miliki tiba-tiba hilang dicuri oleh orang lain.

Meskipun ukurannya besar, laptop memiliki kemungkinan hilang dicuri sama dengan smartphone dan tablet. Jika laptop yang Anda miliki memiliki resiko hilang, maka ada baiknya mulai mengambil langkah pencegahan.

Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi yang bisa melacak keberadaan laptop yang Anda miliki.

Ini caranya!

Install Aplikasi Prey. Prey merupakan sebuah aplikasi palacak laptop yang tersedia untuk pelatform Windows, Mac OS, Android, iOS, Linux, dan yang lain. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis, tetapi hanya untuk 3 perangkat atau fitur utama saja.

Jika Anda merasa cocok untuk menggunakan aplikasi Prey, maka bisa membeli paket personal dengan biaya sekitar IDR 67.000 per bulan dan paket home dengan biaya IDR 200.000 per bulan.

Aplikasi Prey memiliki tools yang Anda perlukan untuk menemukan laptop dengan mudah lewat kontrol panel pada website. Dengan cara ini, Anda bila mengetahui lokasi laptop yang dicuri dan bisa mengunci akses ke laptop.

Baca Juga:  Cara Mudah untuk Menelpon dan Menerima Telepon dengan Menggunakan Mac

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Prey?


Cara di atas bisa bekerja dengan baik, saat laptop sudah menginstall software pelacak laptop Prey di perangkat yang dimiliki. Laptop akan memberikan notifikasi lokasi saat terhubung ke internet. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin kehilangan laptop kesayangan, sangat penting untuk menginstall aplikasi ini.

-Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam website preyproject.com melalui laptop.

-Anda perlu mendaftar terlebih dahulu, jika sudah bisa tinggal login.

-Jika sudah masuk, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu Add New Device, kemudian pilih perangkat yang ingin dilindungi.

-Langkah selanjutnya adalah menginstall program yang diunduh di laptop dan bukalah. Pilih Existing User, apabila Anda sudah memiliki akun.

-Anda bisa mengubah pengaturan pada Prey Configurator dan menetapkan interval waktu update Prey dalam hitungan menit. Secara default aplikasi Prey akan memberi update 10 menit. Setelah itu, Anda bisa login kembali.

-Jika sudah selesai, maka perangkat laptop yang Anda miliki sudah tertanam aplikasi yang mirip dengan GPS  dan Anda bisa melacak perangkat laptop dengan mudah.

Baca Juga:  Hati-Hati, Website Phising Bisa Mencuri Data Anda! Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini

Saat menggunakan aplikasi Prey, maka Anda bisa juga mengambil gambar candid dari orang yang telah mencuri laptop dan melihat suasana sekitar pada layar laptop.

Sangat membantu sekali bukan?

Hal yang penting untuk Anda ingat adalah berhati-hati saat bertindak dan berhadapan dengan pencuri yang telah berhasil mendapatkan laptop. Lebih baik tangkap pencuri bersama dengan teman yang lain atau mengajak pihak kepolisian yang memiliki hak untuk melakukan tindakan tersebut.

Dengan aplikasi Prey, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir saat laptop kesayangan hilang dicuri oleh orang lain. Sebab, keberadaan laptop dapat dengan mudah Anda temukan dengan menggunakan aplikasi ini.

Hal yang paling penting adalah Anda harus berhati-hati saat menggunakan laptop di tempat umum. Sebab, kita tidak pernah tahu dan sangat sulit untuk mengetahui pihak yang memiliki niat jahat kepada kita.

Semoga informasi dan pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Selamat mencoba!