Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Keylogger Mengintai! Amankan Keyboard Dengan Menggunakan Cara Ini

Tahukah Anda bahwa aktivitas keyboard yang Anda lakukan bisa direkam oleh pihak lain dan akhirnya mereka bisa mengetahui username dan password yang Anda miliki. Aktivitas demikian adalah Keylogger yang saat ini banyak menjadi musuh oleh berbagai pihak yang sering melakukan aktivitas secara online.

Lebih lanjut, Keylogger sebenarnya sebuah software dan perangkat keras yang memungkinkan para penggunanya mengatahui apa yang sedang Anda ketik di sebuah laptop atau PC.

Mengingat bahaya dan dampak merugikan yang bisa terjadi dari Keylogger, kali ini saya akan membahas tentang pentingnya menghundari ancama yang akan didapatkan dari keberadaan Keylogger.

Bagaimana caranya?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Metode yang akan diaplikasi disini adalah dengan menggunakan KeyScrambler yang memungkinkan para pencuri data tidak mengetahui apa yang sedang Anda ketik. Hal ini bisa terjadi dikarenakan apa yang sedang diketik akan berbeda dengan apa yang dilihat oleh para pencuri data.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi KeyScrambler pada laptop atau komputer yang Anda miliki.

Jika aplikasi telah terpasang dengan baik dan selesai, maka langkah selanjutnya Anda perlu melakukan reboot pada komputer yang dimiliki.

Selanjutnya adalah melakukan klik kanan pada ikon KeyScrambler yang ada di Task Bar pada bagian bawah layar yang ada di sebelah kanan.


Jika sudah dilakukan, maka Anda bisa mengubah pengaturan yang ada yaitu Enable KeyScrambles Protection dan Automatically Check for New Version, jika sudah klik Ok.

Jika hal ini sudah dilakukan, maka software ini akan mulai bekerja dan setiap kata dan nilai yang Anda ketik pada keyboard akan dienkripsi dan tidak akan diketahui oleh pihak-pihak yang berniat jahat dan mencuri data dan informasi yang Anda miliki.

Alternatif Cara yang Bisa Anda Lakukan

Selain menggunakan aplikasi KeyScrambler, ada cara alternatif yang bisa dilakukan dan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan aplikasi di atas. Aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan adalah GuardedID.

Saat Anda menggunakan GuardedID, maka aplikasi ini akan menawarkan fitur yang sangat mumpuni seperti Anti Clickjacking, Anti Screen Capture Technology, dan lain sebagainya yang bisa mengamankan Anda dari serangan cyber.

Selain itu masalah keylogger bisa dihilangkan saat Anda menggunakan aplikasi GuardedID yang membuat data dan informasi yang Anda miliki hilang dicuri oleh berbagai pihak. GuardedID memiliki teknologi Anti-Keylogging Strikeforce yang bisa mengamankan informasi pribadi dan data keuangan yang sangat sensitif dengan cara melakukan enkripsi untuk setiap nilai yang Anda ketik.

Dari 2 pilihan di atas, Anda bisa memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk mengamankan keyboard dari serangan cyber yang bisa membahayakan data pribadi Anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi di atas kepada lebih banyak orang melalui media sosial yang Anda miliki agar semakin banyak orang yang paham dan mengetahui caranya.

Saya berharap apa yang telah disampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat kepada Anda yang sedang membaca tulisan ini. Hal yang lebih penting lagi adalah agar data dan informasi pribadi serta aktivitas menjelajah internet yang Anda lakukan menjadi lebih aman dan nyaman.

Tindakan pencegahan merupakan langkah yang paling bijak untuk menanggulangi tindakan kejahatan.

Selamat mencoba!