News

Kini Anda Bisa Jelajahi Dunia Animasi Ghibli Melalui Virtual Reality

[Gambar: Adegan di pemberhentian bus dalam VR My Neighbour Totoro | via roadtovr.com]
[Gambar: Adegan di pemberhentian bus dalam VR My Neighbour Totoro | via roadtovr.com]
Penggemar studio film animasi Studio Ghibli tentunya sudah tidak asing lagi dengan animasi ikonik seperti My Neighbor Totoro (1988) dan Spirited Away (2001). Studio Ghibli yang kerap dianggap sebagai kiblat industri anime ini dikenal dengan film-filmnya yang mengandung unsur-unsur imajinatif yang kental, emosional, dan provokatif. Dari segi visual, menonton film Ghibli seakan seperti sedang melihat sebuah lukisan, begitu detil dan berwarna. Semua hal ini didukung juga dengan alur cerita yang menggugah dan soundtrack yang begitu menghipnotis.

Sebagai seorang penggemar film animasi Ghibli, sering sekali saya membayangkan diri saya sendiri masuk ke dalam dunia animasi Ghibli tersebut. Saya pikir akan sangat menyenangkan jika saya bisa ikut berpetualang bersama Chihiro dan Haku dalam Spirited Away, menjelajahi kastil berjalan yang ajaib bersama Howl dan Sophie dalam Howl’s Moving Castle, atau menaiki Nekobasu alias Bus Kucing bersama Totoro dan Satsuki dalam My Neighbour Totoro.

Nampaknya, mimpi saya telah menjadi kenyataan.

[Gambar: Totoro tengah bersiap menaiki Nekobasu dalam VR Ghibli | via roadtovr.com]
[Gambar: Tampilan VR ketika Totoro tengah bersiap menaiki Nekobasu | via roadtovr.com]
Seorang pengembang Inggris bernama Nick Pittom (alias ‘Red of Paw’) dari Fire Panda telah menciptakan sebuah demo VR (virtual reality) yang terinspirasi dari film-film animasi Ghibli. Jika Anda memiliki perangkat Oculus Rift yang baru dan HTC Vive, Anda bisa langsung menjelajahi adegan-adegan klasik dari animasi Studio Ghibli tersebut. Pittom merangkum ketiga demo Ghibli VR yang menampilkan adegan-adegan pilihan favorit penggemar ini ke dalam satu paket. Adegan yang dimaksud adalah ‘The Bus Stop Scene’ (Adegan Halte Bis) dari film My Neighbor Totoro (1988), ‘The Boiler Room’ (Adegan Ruang Uap) dari film Spirited Away (2001), dan ‘The Meadow’ (Adegan Padang Rumput) dari film Howl’s Moving Castle (2004).

[Gambar: Screenshot dari animasi Spirited Away (kiri), dan versi virtual realitynya (kanan) | via roadtovr.com]
[Gambar: Screenshot dari animasi Spirited Away (kiri), dan versi virtual realitynya (kanan) | via roadtovr.com]
[Gambar: Tampilan pemandangan 'The Meadow' pada virtual reality | via roadtovr.com]
[Gambar: Tampilan pemandangan ‘The Meadow’ dari film Howl’s Moving Castle pada virtual reality | via roadtovr.com]
Sebelumnya, Pittom telah mencoba mereka ulang sejumlah adegan anime seperti ‘The Bebop’ dari Cowboy Bebop (1998), sebuah adegan dari Princess Mononoke, dan adegan lain dari Totoro. Untuk saat ini Pittom memutuskan untuk lebih fokus membuat sebuah konten orisinil dibanding mereka ulang karya yang sudah ada.

Meskipun dunia VR Ghibli ini sebagian besar non-interaktif dan tidak memiliki tampilan yang realistis, tetapi tetap saja dunia VR Ghibli ini sangat memukau untuk dieksplorasi. Sebagai seorang penggemar animasi Studio Ghibli, Anda akan merasa begitu familiar dengan nuansa dan atmosfer di dalamnya. Selain menyuguhkan visual yang mengagumkan dan begitu mendetail, Anda juga akan diiringi oleh soundtrack asli masing-masing film yang menemani penjelajahan Anda.

Demo VR Ghibli ini dapat Anda nikmati dan unduh secara gratis di sini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID