Home  »  News   »  
News

Kini Anda Bisa Memasangkan Android Wear dengan iPhone: Ini Caranya

[Foto: Google]
Jika selama ini Andoid dan iOS kelihatan selalu “musuhan,” kali ini sepertinya keduanya mulai berusaha akur satu sama lain. Terbukti dengan fitur baru yang memungkinkan pengguna iPhone memasangkan ponsel mereka dengan jam tangan pintar Andoid, atau yang dikenal dengan nama Android Wear.

Memang, untuk saat ini hanya Android Wear tipe tertentu saja yang sudah bisa dipasangkan dengan iPhone 5 atau yang lebih baru, yang beroperasi dengan paling tidak iOS 8.2. Beberapa jam tangan pintar yang sudah bisa dipasangkan dengan iPhone adalah Huawei Watch, the Asus ZenWatch 2, dan LG Watch Urbane. Namun, seluruh Android Wear yang akan keluar di masa mendatang akan otomatis bisa dipasangkan dengan ponsel berbasis iOS.

Dengan perangkat Android Wear terkoneksi dengan iPhone, pengguna bisa menggunakan beberapa fitur, seperti mendapat semua notifikasi iPhone di smartwatch mereka, integrasi dengan Google Now, melakukan pencarian berbasis suara, memonitor hasil olahraga, dan sebagainya. Pengguna juga bisa memeriksa info-info penting seperti panggilan telefon, pesan, dan notifikasi dari aplikasi yang digunakan di iPhone. Selain itu, display Android Wear yang selalu on membuat pengguna tak perlu memencet tombol untuk menghidupkan layar.

Selain itu, melalui Android Wear mereka, pengguna juga bisa mendapatkan info mengenai kondisi jalanan, pengingat waktu dan pengingat janji, dan status penerbangan. Mereka hanya tinggal melakukan perintah “Ok Google” untuk memperoleh info tentang sesuatu. Misalnya, “bagaimana cuaca di Bali besok lusa?” atau membuat daftar to-do seperti “jangan lupa bawa paspor dan charger” dan sebagainya.


Tapi untuk saat ini, pengguna nampaknya tak bisa berharap terlalu banyak. Pasalnya, pengguna yang sudah mencoba memasangkan Android Wear dengan iPhone mereka mengatakan, penggunaannya tak bisa seleluasa jika mereka memasangkan Android Wear dengan ponsel Android. Seperti dilaporkan Wired, “Menggunakan Android Wear sama saja dengan menggunakan aplikasi Google di iPhone. (Kinerjanya) bagus, namun tidak leluasa.”

Fungsi-fungsi dan fitur-fitur dasar sudah bisa dinikmati, namun pengguna tak bisa menggunakan aplikasi third-party, dan tak ada sambungan WiFi untuk menggunakan jam pintar ketika pengguna berada jauh dari ponsel mereka. Saat ini, pengalaman pengguna yang menghubungkan Android Wear mereka dengan iPhone memang terbatas, namun jika Google bisa segera memperbaikinya, kemampuan ini tentu akan menjadi nilai plus bagi Android Wear untuk memenangkan pasar.

Cara Menghubungkan Android Wear dengan iPhone

Langkah pertama adalah dengan melakukan pairing Android Wear dengan iPhone. Dengan demikian, kedua perangkat bisa bertukar data, dan iPhone Anda bisa mengirim notifikasi kepada jam pintar Anda. Untuk melakukannya, yang Anda butuhkan adalah aplikasi Android Wear yang sudah terpasang di iPhone. Anda bisa mengunduhnya di App Store.

Jika kedua perangkat sudah terhubung, swipe layar jam pintar Anda ke arah kiri, dan pilih setelan bahasa yang diinginkan. Anda juga harus menyetujui Motorola Privacy Policy pada tahap ini. Lalu pada iPhone, konfirmasi bahwa Anda mengizinkan aktivasi aplikasi Android Wear. Setelahnya Anda akan melihat watch code di tampilan layar, lalu sentuh watch code tersebut.

Setelah itu, aplikasi Android Wear akan mencoba melakukan pairing dengan iPhone. Pada layar ponsel, Anda akan melihat tampilan layar yang meminta Anda untuk memulai proses pairing. Lihat apakah pairing code di jam pinter sesuai dengan di ponsel, lalu teruskan proses pairing. Android Wear akan memulai sinkronisasi seluruh aplikasi dan data dari ponsel ke jam pintar. Proses ini membutuhkan waktu, dan Anda harus menunggu.

Setelah seluruh proses selesai, jam pintar Anda telah terhubung dengan iPhone, dan Anda akan mulai mendapaykan notifikasi di Android Wear Anda.