News

Kini Anda Bisa Mencoba Fitur Eksperimental Mozilla Firefox Melalui Program Test Pilot

[Gambar: Firefox.com]
[Gambar: Firefox.com]
Mozilla memperkenalkan kembali Test Pilot untuk Firefox, sebuah plugin yang memungkinkan setiap orang untuk mencoba fitur eksperimental dan memberikan masukan dan respon terhadap fitur eksperimental tersebut.

Test Pilot bertujuan untuk membantu Mozilla dalam menentukan fitur mana yang akan diluncurkan ke publik dan bagaimana sebaiknya fitur itu bekerja. Anda bisa mematikan dan menyalakan eksperimen kapan saja untuk menghindari ketidaknyamanan dalam penggunaan karena adanya bugs. Add-on ini juga menjelaskan informasi apa yang Anda bagikan kepada Mozilla untuk membantu tim untuk memahami bagaimana fitur tersebut digunakan.

Program Test Pilot yang pertama kali diperkenalkan pada Firefox 3.5 ini kini memiliki tiga komponen utama yang bisa Anda coba: Activity Stream, Tab Center, dan Universal Search.

[Gambar: Tampilan fitur Activity Stream | Firefox.com]
[Gambar: Tampilan fitur Activity Stream | Firefox.com]
Activity Stream

Eksperimen ini memudahkan Anda untuk menavigasi melalui riwayat browsing untuk menemukan situs-situs dan konten penting dengan lebih cepat. Fitur ini juga dapat membantu Anda menemukan kembali hal-hal yang paling Anda sukai di internet. Setiap kali Anda membuka tab baru, Anda akan melihat situs top Anda dan highlight dari bookmark dan history browser Anda. Untuk menemukan apa yang Anda inginkan, Anda cukup mencarinya di timeline visual.

[Gambar: Tampilan fitur Tab Center | Firefox.com]
[Gambar: Tampilan fitur Tab Center | Firefox.com]
Tab Center

Bosan melihat tampilan tab browser yang berjajar secara horizontal di bagian atas browser Anda? Dengan fitur ini Anda bisa menikmati tampilan tab yang berjajar secara vertikal di bagian sisi layar Anda. Pada fitur Tab Center ini, tab akan disimpan di dalam sebuah sidebar yang bisa di minimize dan maximize sesuai kebutuhan Anda. Saya pribadi suka dengan tampilan tab yang satu ini karena layar browser terasa lebih lapang dibandingkan sebelumnya. Tapi tentu saja, butuh waktu untuk beradaptasi dengan dengan fitur ini. Saya saja seringkali reflek mengarahkan kursor ke bagian atas browser ketika akan berganti tab.

Universal Search

Universal Search
[Gambar: Tampilan fitur Universal Search | Firefox.com]
Universal Search

Fitur ini menggabungkan ‘Awesome Bar history’ dengan menu drop down Firefox Search untuk memberikan rekomendasi terbaik bagi Anda. Dengan ini, dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memilah-milah hasil pencarian. Anda akan melihat bahwa saran pencarian terlihat berbeda. Jika Anda telah mengunjungi sebuah situs sebelumnya, Anda bisa melihat situs tersebut tercantum dalam saran pencarian. Hasil rekomendasi akan mencakup informasi lebih lanjut mengenai situs yang disarankan, seperti berita terhangat atau konten unggulan.

Untuk sementara ini, Test Pilot hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Namu, pihak Mozilla menjajikan akan segera meluncurkan Test Pillot dalam bahasa-bahasa lain. Berminat menggunakan fitur eksperimental ini pada Firefox Anda? Anda bisa unduh add-on nya di sini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID