News

Kini Anda Bisa Nonton Film di Netflix Secara Offline

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Dikenal sebagai layanan video-streaming berbasis internet, Netflix berpegang teguh pada prinsipnya yang mewajibkan pelanggannya terkoneksi internet. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Netflix mengutarakan bahwa mereka tidak akan menawarkan mode offline pada pelanggannya.

Namun, prinsip itu berubah 180 derajat. Kini, pelanggan Netflix sudah bisa menonton film sepuasnya tanpa harus terkoneksi internet. Dengan hadirnya fitur download, Anda bisa menikmati film kesukaan Anda secara offline dari ponsel maupun tablet.

Untuk saat ini, baru ada beberapa judul film yang bisa diunduh. Beberapa serial dan film tersebut adalah Stranger Things, The Crown, Orange is the New Black, Breaking Bad, Minions dan Kung Fu Panda 3. Netflix menyebutkan, nantinya, akan semakin banyak film dan serial TV yang bisa ditonton secara offline.

Dilansir dari theverge, setelah mengunduh versi terbaru dari Netflix untuk Android dan iOS, akan muncul tombol unduh pada film yang memang dapat diunduh. Dengan begitu, Anda bisa menonton film itu bahkan saat Anda tidak terhubung ke internet.

Menurut situs resmi Netflix, terdapat 2 opsi kualitas film yang Anda unduh yakni Standard dan Higher. Namun sayangnya, tidak dijelaskan berapa resolusi dari kedua opsi yang ditawarkan.

“Kualitas Standard menawarkan resolusi video yang lebih rendah sehingga tidak memerlukan memori terlalu besar dan tidak memakan waktu lama untuk diunduh. Sedangkan Kualitas Higher memberikan resolusi video yang lebih tinggi tapi memakan memori lebih besar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diunduh,” tulis Netflix.

Keputusan Netflix menghadirkan fitur offline bukan tanpa alasan. Netflix sedang gencar mengekspansi cakupan layanannya di berbagai negara. Hal ini juga bersamaan dengan kondisi koneksi internet di negara-negara berkembang yang bisa dibilang belum memadai. Alhasil, penetrasi pelanggan di negara berkembang bakal lambat karena mekanisme kerja Netflix belum didukung infrastruktur yang ada.

Oleh karena itu, fitur offline ini sangat berguna bagi masyarakat yang tinggal di negara yang tidak memiliki internet cepat. Di Indonesia sendiri, fitur unduh video biasanya menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan oleh pesaing Netflix seperti iFlix dan HOOQ.

Pada awal bulan November, memang tersiar kabar bahwa Netflix hendak menyediakan fitur offline. Untungnya, fitur ini tersedia untuk semua pelanggan dan tidak hanya khusus untuk pelanggan yang berlangganan paket yang lebih mahal.

Dengan adanya mode offline, pelanggan bisa mengunduh terlebih dahulu konten yang ingin ditonton ketika sedang menerima koneksi internet yang baik. Atau, ketika mau berangkat menggunakan pesawat dan harus mengaktifkan airplane mode, pengguna juga bisa lebih dulu mengunduh film yang ingin dinikmati selama perjalanan.

Fitur offline ini diluncurkan bertahap mulai 1 Desember 2016 untuk pengguna iOS dan Android. Sejauh ini, tidak ada perbincangan terkait ketersediaan fitur ini pada versi web maupun desktop Netflix. Bisa jadi, fitur ini hanya tersedia di mobile. Karena asumsinya, koneksi internet pasti akan terus tersedia saat berada di rumah dan mengakses Netflix di TV atau komputer.

Sebelum menikmati fitur ini, pastikan Anda memperbarui aplikasi Netflix lewat Google Play Store atau Apple App Store. Lalu ketika membuka aplikasi, Anda akan disodorkan pemberitahuan terkait offline mode.

Akan ada ikon unduh yang bisa Anda pilih pada tiap film atau serial televisi yang ingin Anda tonton secara offline nantinya. Pada penyetelan default, kemampuan unduh dimungkinkan ketika sedang terkoneksi WiFi. Jika ingin mengunduh film kapan pun dengan koneksi internet pribadi, Anda bisa mengubah penyetelannya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID