News

Kini Instagram Akan Beri Notifikasi Jika Ada Orang Yang Mengambil Screenshot Pesan Pribadi Anda

[Gambar: blog.instagram.com]
Tahukah Anda, bahwa kini Instagram akan mengirimkan notifikasi pada penggunanya jika ada orang yang mengambil screenshot postingannya? Jangan kaget dulu, hal ini hanya berlaku pada fitur Instagram Direct yang terbaru, bukan pada postingan Instagram biasa yang bersifat publik.

Seperti yang telah diketahui, baru-baru ini Instagram telah meluncurkan sebuah fitur “Disappearing Photos and Videos” pada Instagram Direct. Dengan fitur ini, Anda bisa mengirimkan pesan temporer (berupa foto atau video) secara privat kepada orang-orang atau grup tertentu. Berbeda dengan Direct Message biasa, dengan fitur ini foto atau video yang Anda lihat akan segera dihapus. Tentu saja, Anda bisa melihat ulang foto atau video yang dikirimkan dengan memilih opsi “Play Again”. Tapi, perlu diingat bahwa Instagram akan mengirimkan notifikasi pada pengirim jika Anda melihat ulang maupun mengambil screenshot foto atau video yang dikirim.

[Gambar: @travlim | twitter.com]
Bagi yang sudah menggunakan Snapchat, fitur seperti ini sudah tidaklah asing. Snapchat juga sudah terlebih dahulu memberlakukan kebijakan semacam itu. Hal ini nampaknya diterapkan guna menjaga privasi bagi penggunanya. Setidaknya, hal ini bisa mendorong pengguna untuk merasa aman ketika akan berbagi konten yang bersifat temporer pada aplikasi ini.

Sayangnya, hadirnya fungsi ini sebenarnya tidak begitu membantu karena selalu saja ada cara untuk mengakali hal ini. Pengguna yang ingin mengabadikan sebuah foto atau video temporer tersebut bisa saja menggunakan kamera pihak ketiga. Selain itu, mereka juga bisa menyalakan Airplane Mode ketika sedang melihat ulang foto atau video, lalu mengambil screenshot tanpa terdeteksi oleh aplikasi tersebut. Intinya, tetap berhati-hati ketika berbagi konten di media sosial. Pastikan orang-orang yang menerima konten tersebut adalah orang-orang yang bisa Anda percaya agar tidak ada yang menyalahgunakannya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID