News

Kini Pengguna Android Bisa Nonton Video di Facebook Secara Offline

[Gambar: androidpolice.com]
[Gambar: androidpolice.com]
Aplikasi Facebook untuk Android kini telah dilengkapi dengan fitur yang akan mempermudah Anda untuk menonton video favorit–kapanpun dan dimanapun Anda berada. Ya, sekarang Facebook untuk Android dilengkapi dengan fitur offline video.

Itu artinya, Anda sekarang dapat menyimpan dan mengunduh video yang ingin Anda tonton secara offline alias tanpa menggunakan koneksi internet sama sekali. Tentu saja, hal ini merupakan berita yang baik bagi para pengguna Facebook di negara yang memiliki koneksi internet yang kurang begitu stabil.

Awalnya, Facebook dikabarkan mulai menguji coba fitur baru ini pada “sekelompok kecil orang” di India pada awal bulan ini. Tapi, nampaknya sekarang fitur ini telah diluncurkan untuk semua pengguna Android. Untuk mencobanya sendiri, pastikan Anda memiliki aplikasi Facebook dengan versi terbaru.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah, cukup pilih menu dropdown pada video apapun yang ada di dalam feed Facebook Anda. Selanjutnya, pilih opsi Save Video atau Simpan Video. Anda dapat melihat video-video yang telah didownload pada direktori penyimpanan video Anda.

Perlu dicatat, video yang sudah diunduh hanya dapat ditonton dalam aplikasi Facebook itu sendiri. Anda tidak dapat menggunakan aplikasi lain untuk menontonnya atau menggunakan file data video tersebut dengan cara lain.

Sebelumnya, YouTube juga telah memberikan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video untuk ditonton secara offline. Namun, pengguna diharuskan untuk kembali mengsinkronisasi aplikasinya setiap 48 jam untuk memastikan bahwa video tersebut tidak dihapus oleh pengunggah atau website tersebut. Apakah Facebook juga akan memberlakukan beberapa pembatasan yang serupa dengan apa yang dilakukan YouTube pada fitur-fiturnya? Kita lihat saja nanti.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur ini baru tersedia pada aplikasi Facebook di Android saja. Untuk sementara ini, belum ada kepastian kapan fitur ini akan tersedia bagi perangkat iOS.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID