News

Kini Pengguna iOS 10 Bisa Uninstall Aplikasi Bawaan Apple

[Gambar: techinsider.io]
Mulai iOS 10 dan seterusnya, Apple akan memberikan kendali penuh kepada pengguna terhadap aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat iPhone dan iPad mereka. Artinya, untuk pertama kalinya pengguna iPhone atau iPad bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan Apple seperti Maps, Calculator, iTunes store, iBook, Compass, dan lain-lain.

Tentu saja, mereka juga bisa mengunduhnya lagi di kemudian hari. Sekarang, aplikasi-aplikasi iOS bawaan Apple tersebut sudah tersedia di App Store lengkap dengan deskripsi dan screenshot untuk memudahkan pengguna.

Apple memberikan pilihan bagi pengguna untuk bisa mengunduh lagi aplikasi-aplikasi yang telah dihapus untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi masalah pada perangkat iOS mereka setelah aplikasi bawaan tersebut dihapus. The Verge mengabarkan bahwa aplikasi-aplikasi bawaan tertentu seperti Messages, Photo, dan Camera tidak bisa dihapus karena aplikasi tersebut sudah sangat terikat dengan sistem. Sehingga, jika aplikasi tersebut dihapus maka bisa dipastikan akan timbul masalah pada sistem secara keseluruhan.

“Hal ini lebih kompleks dari yang dibayangkan,” tutur Cook dalam sebuah wawancara dengan BuzzFeed News tahun lalu. “Ada beberapa aplikasi yang terhubung juga dengan aplikasi lainnya di iPhone. Jika aplikasi-aplikasi tersebut dihapus, maka hal itu bisa menyebabkan permasalahan dimana-mana. [Tapi] ada juga beberapa aplikasi yang tidak seperti itu…”

Apple mengatakan bahwa semua aplikasi bawaan hanya memakan tempat sebesar 150 Mb.

Pada dasarnya, memisahkan aplikasi-aplikasi bawaan tersebut dari iOS memang sangat penting jika Apple ingin menambahkan fitur baru pada masing-masing aplikasi tersebut dengan cepat.

Apple sendiri bisa dibilang ketinggalan dalam menerapkan sistem ini jika dibandingkan dengan saingannya, Google dan Microsoft. Google sudah melakukan hal yang sama dengan layanan Google Play-nya dan Microsoft pun sudah menawarkan pembaharuan yang serupa pada software bawaan yang ada di Windows 10.

Aplikasi-aplikasi bawaan iOS itu bisa dilepas dengan cara biasa, yaitu dengan menekan ikon yang tertera pada layar sampai ikon tersebut bergoyang, lalu Anda tinggal klik X pada sudut kanan atas ikon.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID