Home  »  News   »  
News

Kini Transfer Data Dari iOS ke Android Jadi Lebih Mudah Berkat Google Drive

[Gambar: cnet.com]
Apakah Anda mau ganti smartphone dari yang tadinya iPhone menjadi smartphone Android? Tentunya Anda tahu bahwa proses transisi data antara kedua perangkat itu cukup melelahkan. Tapi, itu semua kini tinggal menjadi kenangan. Dengan fitur terbaru dari Google Drive, kini Anda bisa dengan mudah membackup kalendar, event, kontak, foto, dan video yang ada pada perangkat iOS Anda ke dalam Google Drive.


Cara melakukan proses backup pada perangkat iOS Anda sangatlah mudah. Pertama-tama, bukalah aplikasi Google Drive pada perangkat iOS Anda. Jika belum ada, unduh aplikasi tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, pilih Menu -> Settings -> Backup. Anda pun bisa memilih data apa saja yang akan disinkronisasi: kalendar, kontak, foto, video, atau mungkin semua data yang ada pada perangkat iOS Anda.

Karena proses backup ini akan memakan waktu beberapa jam, Google menganjurkan kepada Anda untuk menyolokkan charger pada smartphone Anda dan menggunakan koneksi WiFi ketika tengah melakukan backup. Selain itu juga, pastikan bahwa aplikasi Google Drive selalu dalam keadaan terbuka dan layarnya harus selalu berada dalam keadaan nyala. Setelah pengguna login ke akun Google mereka pada perangkat Android mereka yang baru, data-data mereka pun akan secara otomatis tersinkronisasi. Perlu diingat bahwa pengguna iPhone yang ingin pindah ke Android harus mematikan aplikasi iMessage mereka sebelum proses backup.

Baca Juga:  Bingung Menggunakan Siri di iPhone-mu? Baca Tutorialnya Disini

Belakangan ini, Google juga telah memperkenalkan Quick Switch Adapter pada perangkat Pixel yang memungkinkan penggunanya untuk mentransfer data secara langsung dari iPhone ke perangkat Pixel. Nah, karena Quick Switch Adapter hanya mendukung perangkat pixel saja, maka metode backup dengan menggunakan Google Drive ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna ponsel Android lain.