News

Komputer Portabel Seukuran Flashdisk

[Foto: Christie Hemm Klok/WIRED]

Asus Chromebit namanya. Produk ini bentuknya mirip seperti flashdisk yang biasa digunakan untuk penyimpanan data. Alat ini memiliki ouput colokan HDMI. Cukup dengan mencolokkan Chromebit ke colokan input HDMI pada TV, maka TV anda akan berubah menjadi komputer.

Chromebit menggunakan sistem operasi Chrome (Chrome OS). Chrome OS memang berbasiskan pada browser Chrome milik Google, itulah mengapa namanya pun sama. Chrome OS sendiri lebih dikenal karena digunakan sebagai basis sistem operasi notebook keluaran Google yang bernama Chromebook. Berbeda dengan notebook lain yang mengandalkan aplikasi native, Chromebook mengandalkan aplikasi berbasis web.

Kekurangan Chromebook adalah, anda tetap harus membawa perangkat yang cukup memakan tempat. Karena memang ukurannya yang hampir sama dengan rata-rata ukuran notebook di pasaran. Inilah yang menjadi kelebihan Chromebit. Dengan ukuran sebesar flashdisk anda memiliki komputer portabel seperti Chromebook. Cukup dikantongi, dan jika dibutuhkan dicolokkan ke TV yang sudah mendukung HDMI.

Lalu bagaimana dengan kebutuhan mouse atau keyboardnya? Tenang, seperti diulas oleh PCMag, perangkat ini dapat terkoneksi dengan mouse dan keyboard melalui WiFi ataupun Bluetooth.

Untuk penyimpanan, Chromebit sudah memiliki kapasitas penyimpanan 16GB. Sementara untuk memori, besarnya 2GB.

Chromebit tidak sendirian, bulan Maret lalu Intel pun meluncurkan produk yang bernama Intel Compute Stick. Cara kerja nya hampir sama dengan Chromebit, namun sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows.

Selain Intel, Dell pun meluncurkan produk yang sejenis, WYSE Cloud Connect. Namun sistem operasinya menggunakan Android.

Sayangnya produk ini masih belum tersedia secara umum di pasar. Pemasaran Chromebit akan dilakukan di sekitar akhir tahun 2015. Jadi untuk mereka yang tertarik membeli, harus bersabar dulu, atau mungkin bisa mempertimbangkan lebih matang apakah produk ini cocok atau tidak dengan kebutuhan.

[Sumber: wired.com | pcmag.com | itworld.com]

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID