Home  »  News   »  
News

Komunitas Facebook Kini Telah Mencapai Angka 2 Milyar Orang Pengguna Aktif

[Gambar: Facebook.com]
Situs jejaring sosial terpopuler di dunia, Facebook, kini dikabarkan sudah memiliki jumlah pengguna aktif yang mencapai 2 milyar orang. Angka ini secara langsung diumumkan oleh founder sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melalui akun Facebooknya. Dalam postingannya, ia juga menyampaikan pada followers-nya bahwa: “It’s an honor to be on this journey with you.”  (“Ini merupakan sebuah kehormatan untuk bisa melakukan perjalanan ini dengan [kalian semua].”) Rupanya, tidak hanya Facebook saja yang berjaya. Aplikasi lain yang berada di bawah naungannya juga menunjukkan angka pengguna yang tidak kalah tinggi. Sebut saja WhatsApp dan Instagram, yang masing-masing memiliki lebih dari 1,2 milyar dan 700 juta pengguna aktif bulanan.

Menurut informasi, raksasa media sosial ini berhasil melipat gandakan user base-nya hanya dalam waktu kurang dari lima tahun, sejak ia mencapai 1 milyar orang pengguna pada bulan Oktober 2012. Semenjak itu, Facebook terus mengalami perkembangan yang konstan, signifikan, dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Dalam laporan pendapatannya yang paling anyar, Facebook mengklaim bahwa per 31 Maret, Facebook telah memiliki 1,94 milyar pengguna aktif bulanan. Naik 17% dari tahun sebelumnya. Pengguna aktif harian juga mengalami peningkatan, yaitu 1,28 milyar pengguna pada bulan Maret, meningkat 18% dari sebelumnya.


“Setiap harinya, ada lebih dari 175 juta orang yang memberi reaksi Love, dan rata-rata ada lebih dari 800 juta orang yang me-like sesuatu di Facebook,” ungkap product manager Facebook, Guillermo Spiller dalam sebuah pernyataan. Menanggapi tonggak pencapaian yang luar biasa ini, Zuckerberg menyatakan bahwa “Usaha kami untuk menghubungkan dunia mengalami perkembangan, dan bersama mari kita persatukan dunia lebih erat lagi.” Melihat prestasi yang diraih Facebook dalam jangka waktu yang relatif singkat ini, rasanya tidak mustahil jika suatu saat nanti semua orang benar-benar terhubung melalui Facebook.

Untuk menyambut pencapaian ini, Facebook juga menyajikan sebuah video khusus yang telah dipersonalisasi untuk setiap penggunanya. Video tersebut akan bisa dilihat pada newsfeed Facebook Anda atau di halaman ini. Selain itu juga, kini Facebook akan memberikan pesan berisikan apresiasi terhadap setiap penggunanya yang memberi reaksi Love pada postingan teman, mengucaplan selamat ulang tahun, atau membuat sebuah grup.

 

Tentu saja, seiring dengan semakin besarnya komunitas pengguna Facebook, ini artinya semakin besar juga tanggung jawab Facebook kepada masyarakat umum. Apalagi selaku administrator, Facebook harus bisa lebih baik lagi dalam meregulasi dan menyaring postingan-postingan yang mayoritas merupakan user generated content. “Kami merasa memiliki tanggung jawab yang lebih, terutama setelah melewati angka 2 milyar pengguna dalam komunitas [Facebook] ini,” ungkap Zuckerberg dalam pernyataanya satu bulan yang lalu di Headquarter Facebook. Seperti yang Anda ketahui, belakangan ini Facebook tersandung berbagai isu mulai dari penyebaran berita hoax pada Facebook hingga kelompok ekstremis yang masih saja ada di platformnya. Diharapkan dengan pencapaian ini Facebook akan semakin tanggap dan sigap untuk menjaga dan menciptakan komunitas maya yang sehat.