Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Koneksi Wi-Fi Ngadat? Coba Install Ulang Driver Wi-Fi pada PC Windows 10 Anda

[Gambar: windowsreport.com]
Dewasa ini, koneksi Wi-Fi bisa dibilang merupakan sebuah fitur yang wajib ada pada tiap laptop dengan sistem operasi apapun, tidak terkecuali pada Windows 10. Sayangnya, fitur ini tidak lepas dari masalah. Ada saja kasus di mana PC Windows 10 tidak bisa terhubung pada jaringan Wi-Fi. Padahal, PC lain yang ada di lokasi tersebut dapat mengaksesnya. Sebelum menyalahkan sinyal Wi-Fi, sebaiknya kita periksa dulu PC yang digunakan. Bisa saja masalah terletak pada sistem PC Anda. Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana caranya mengatasi masalah terkait Wi-Fi dengan menginstall ulang driver Wi-Fi.

Pada PC Windows 10, Anda dapat mengalami berbagai masalah ketika hendak terhubung dengan jaringan Wi-Fi. PC Anda mungkin tidak bisa mendeteksi jaringan Wi-Fi atau gagal untuk terhubung dengan jaringan wireless alias nirkabel. Bahkan, pernah juga ada kasus di mana adapter Wi-Fi tidak mau menyala atau dimatikan. Untungnya, kebanyakan masalah yang berhubungan dengan Wi-Fi pada PC Anda dapat diatas dengan menginstall ulang driver Wi-Fi pada PC Windows 10. Langkah-langkahnya mencakup mengunduh kembali driver yang dibutuhkan, menguninstall driver yang sekarang digunakan pada PC Anda, kemudian menginstall ulang driver yang baru saja diunduh.

 

Berikut ini panduan lengkap untuk menginstall ulang driver Wi-Fi pada PC Windows 10 Anda.


Harap diingat, ketika Anda menginstall ulang driver Wi-Fi, maka Windows akan menghapus semua password Wi-Fi yang telah Anda simpan. Artinya, Anda harus memasukkan kembali password Wi-Fi untuk terhubung pada jaringan wireless.

Menginstall Ulang Driver Wi-Fi di PC Windows 10

Langkah 1: Buka Device Manager. Untuk melakukannya, klik kanan pada tombol Start kemudian klik Device Manager.

Langkah 2: Pada Device Manager, buka Network Adapters untuk melihat semua network adapters, termasuk wireless adapter. Wi-Fi adapter biasanya memiliki tulisan “wireless” pada entry nya.

Catat nama dan nomor adapter wireless karena Anda perlu mendownload driver adapter baru sebelum menguninstall driver ini. Setelah Anda menguninstall driver wireless yang kini digunakan, adapter Wi-Fi Anda akan berhenti bekerja, sehingga Anda tidak bisa mengunduh driver baru kecuali jika Anda memiliki koneksi Ethernet. Untuk memeriksa nomor versi driver, klik kanan pada entri wireless driver pada Device Manager -> Network adapters, klik Properties, lalu klik tab Driver.

Langkah 3: Kunjungi websiter resmi adapter nirkabel yang digunakan atau website produsen PC Anda, lalu unduh driver Wi-Fi yang tepat.

Langkah 4: Pada Device Manager, klik kanan pada entri wireless adapter, lalu klik opsi Uninstall device. Pada versi Windows 10 yang sebelumnya (build 10240), Anda hanya akan melihat tulisan Uninstall, bukan opsi Uninstall device.

Langkah 5: Saat melihat kotak konfirmasi, klik tombol Uninstall untuk melanjutkan proses uninstall.

Langkah 6: Setelah driver di-uninstall, simpan pekerjaan Anda, dan restart PC Anda. Silakan reboot PC Anda guna menghindari masalah pada driver di kemudian hari.

Langkah 7: Jalankan setup driver baru yang telah Anda unduh sebelumnya, lalu ikuti petunjuk pada layar untuk menginstallnya. Selesai!