Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Kulit Kering

Halo Dok,
Kulit saya sangatlah kering. Apa saja penyebab kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana pula cara menyembuhkannya? Apakah ada makanan yang harus dikonsumsi agar kulit saya normal?
Salam,
Suryanti
Halo Ibu Suryanti,
Kesehatan kulit merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sejauh mana seseorang memperhatikan cara menjaga kesehatan tubuhnya . Tipe kulit memang beragam mulai normal, berminyak, kering, sensitif atau kombinasi. Berbagai tipe kulit menimbulkan masalah dan perawatan yang berbeda. Salah satu keluhan dari kulit yang cukup banyak dialami adalah masalah kulit kering.
Beberapa faktor yang menentukan kesehatan kulit seseorang:
– faktor hormonal
– usia
– ras
– genetik/keturunan
– malnutrisi (kekurangan vitamin dan protein)
– gaya hidup (gangguan psikis, stres dan kurang istirahat)
– menderita sakit dalam kurun waktu lama sehingga memungkinkan berkurangnya kadar air
– paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu lama
– suhu dengan kelembaban tinggi
– konsumsi alkohol, kopi, rokok
Ketidakkonsistenan dalam cara menjaga kesehatan selain berdampak pada kondisi tubuh dari dalam, tentunya akan berpengaruh pada penampilan, begitu pula dengan kulit yang kering. Adapun penyebab dari kulit kering sendiri juga beragam mulai dari faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, sampai hal-hal berikut:
– Terlalu lama di tempat yang dingin dan berada di ruangan ber-AC (mobil, kantor, kamar)
– Mandi dengan air hangat atau panas terlalu lama
– Penggunaan sabun yang terlalu •keras•
– Berenang di air yang mengandung kaporit dan zat kimia
– Konsumsi obat-obatan tertentu
– Kurang minum air putih dan kurang cairan
Cara menjaga kesehatan yang tepat dapat membantu kita untuk memiliki kulit yang sehat dan memukau. Untuk menghindari kulit yang kering, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:
– Hindari mandi di shower dalam waktu yang lama dan air yang terlalu panas. Air yang panas dapat merangsang cairan dari dalam kulit untuk keluar dan menyebabkan kulit menjadi kering setelah mandi.
– Perhatikan asupan nutrisi (konsumsi ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan) dan cairan sehari hari dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih sudah terbukti dapat menjaga kulit tetap lembab dan terlihat cerah.
– Menggunakan krim yang mengandung moisturizer dan krim tabir surya ketika akan keluar dari rumah.
– Mengoleskan isi dari daun lidah buaya yang sudah dikupas pada kulit tangan dan kaki yang kering. Biarkan selama beberapa menit lalu cuci bersih dengan air dingin.
– Hindari mandi dengan sabun yang kandungannya terlalu tajam. Sabun yang tidak berbusa bersifat lebih lembut sehingga dapat menjaga kadar cairan dalam kulit.
Masalah kulit kering secara umum sangat sederhana. Namun ada beberapa kondisi pengobatan dan penyakit serius yang juga dapat mengakibatkan kulit terlihat kering. Orang lanjut usia cenderung memiliki kulit yang lebih kering. Masalah lain yang lebih serius termasuk, perubahan pada hormon, masalah pada kelenjar thyroid seperti hypothyroid, diabetes, dan malnutrisi juga bisa menyebabkan kulit terlihat kering. Karena itu, selain memperhatikan cara menjaga kesehatan yang benar, perhatikan juga setiap perubahan pada kulit dan fungsi tubuh yang lain agar masalah penyakit apapun bisa terdeteksi lebih awal dan mencegah terjadinya masalah yang lebih serius.
Salam,
dr. Ryan Thamrin