Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Kumpulan Tutorial Menggunakan Word 2016 (Bagian 1)

[Sumber: https://visiontrainingsystems.com/product/microsoft-word-2016/]

Word 2016 didesain untuk profesional dan pelajar dengan desain yang sederhana namun bekerja secara maksimal. Saat membuat dokumen di Word, kamu dapat memilih dengan menggunakan template yang telah disediakan atau memulai dari dokumen yang kosong. Untuk membantu mengoptimalkan penggunaan Word, berikut ini cara menggunakan Word yang dapat diikuti.

Cara 1: Memulai Dokumen

[Sumber: support.office.com]
Word telah menyediakan beragam template yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tak jarang banyak pengguna memilih menggunakannya karena lebih mudah. Kamu dapat membuat dokumen dalam bentuk notes, CV, Journal, Outline, Brosur, Research Paper, dan Cover Lette. Namun, untuk memulai dokumen baru silahkan klik ‘Blank Document’.

Cara 2: Membuka Dokumen

Setiap membuka Word, kamu akan melihat beberapa pilihan selain membuat dokumen pada bar yang terletak di bagian kiri. Jika kamu telah memiliki file word silahkan klik ‘Recent’ untuk mencari file dokumen yang baru saja dibuat. Atau ‘Open’ untuk mencari file dokumen yang lebih lama dan spesifik lokasinya.

Cara 3: Menyimpan Dokumen

Baca Juga:  Cara Mudah Bikin Shortcut untuk Safely Remove Hardware pada Windows 7

[Sumber: support.office.com]
Untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat, kamu dapat melakukannya dengan berbagai cara.

  • Pertama, klik ‘File’ yang terletak di bar pojok kiri atas. Lalu pilih ‘Save As’. Selanjutnya cari lokasi penyimpanan file yang dikehendaki. Terakhir, klik ‘Save’. Otomatis file akan tersimpan di lokasi tersebut.
  • Kedua, kamu bisa dengan mudah mengklik ikon disket atau floppy disk yang berada di atas tab ‘File’. Klik ikon tersebut dan dokumen akan tersimpan. Atau kamu bisa menggunakan tombol cepat keyboard CTRL + S.
  • Ketiga, kamu bisa menyimpan dokumen dengan beragam ekstensi. Dengan menggunakan cara yang pertama kamu dapat melihat kotak ‘File Format’. Klik kotak tersebut dan akan tersedia beragam ekstensi, seperti PDF, RTF, Open Document, Plain Text, juga Web Page.

Cara 4: Membaca Dokumen


Melalui Word kamu juga bisa membaca dokumen dalam keadaan full mode dimana seluruh tombol akan menghilang bila kamu mengaktifkan fitur ini. Caranya mudah banget!

Pertama, cari dan buka dokumen yang ingin kamu baca. Lalu klik ‘View’ dan pilih ‘Read Mode’. Maka halaman akan langsung berada dalam mode penuh. Selanjutnya untuk memindahkan halaman ke halaman lainnya, dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  • Klik ikon panah yang menunjukkan arah next (kanan) atau before (kiri).
  • Gunakan keyboard dengan simbol panah atas (up) atau bawah (down).
  • Gunakan roda bergulir pada mouse.

Cara 5: Melacak Perubahan

Baca Juga:  Cara Untuk Mengakses WhatsApp Pada iPad/iPod Touch Melalui Safari

Ketika kamu mengerjakan dokumen bersama orang lain kamu dapat melacak perubahan yang terjadi dan dilakukan oleh siapa. Hal ini bisa dilakukan karena Word selalu melacak dokumen kita. Caranya cukup buka dokumen lalu klik Review’ dan pilih ‘Track Changes’.

Cara 6: Mencetak Dokumen

Bila kamu ingin mencetak dokumen yang telah dibuat kamu dapat dengan mudah menggunakan kunci singkat CTRL + P atau juga dengan klik ‘File’ lalu pilih ‘Print’. Selanjutnya atur berapa banyak yang ingin kamu cetak serta halaman berapa saja. Kamu juga bisa mengatur apakah mencetak dokumen berwarna atau hitam putih.

Cara 7: Berbagi Dokumen

Word 2016 mengizinkan kamu membagikan file dalam bentuk tautan jika kamu mengaktifkan fitur online nya dan menghubungkan dengan One Drive. Berikut ini langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Klik ‘Save As’ dan pilih One Drive sebagai lokasi penyimpanan. Setelah file tersimpan kamu dapat membagikan dokumen tersebut ke siapapun yang kamu kehendaki.

  • Bila ingin membagikan melalui email maka ketikkan alamat email mereka dan bila mau bisa menyertakan pesan singkat di body email. Bila ingin langsung membagikan tautan maka klik ‘Copy Link’.
Baca Juga:  Berat Badan Naik Setelah Lebaran? 7 Aplikasi Ini Bisa Membantu Anda Menurunkannya

Itu dia beberapa cara dalam membuat dokumen yang dapat kamu lakukan dengan Word 2016. Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan kamu bekerja dengan instan baik secara individu maupun kelompok.