News

Lagi-Lagi, Tumblr Kena Blokir di Tiongkok

[Gambar: Tumblr.com]
[Gambar: Tumblr.com]
Situs Tumblr dilaporkan telah diblokir di Tiongkok. GreatFire.org, sebuah perusahaan non-profit yang memantau penyensoran yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok, adalah pihak yang pertama kali menyadari pemblokiran Tumblr pada awal pekan ini.

Tidak seperti jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter, Tumblr pada awalnya bisa lolos dari penyensoran di Tiongkok. Namun, menurut analisa situs GreatFire.org yang bisa menunjukkan situs atau kata kunci apa yang saat ini diblokir oleh pemerintah Tiongkok, akses ke Tumblr telah dibatasi sejak tanggal 25 Mei, dan benar-benar diblokir pada tanggal 26 Mei, 30 Mei, dan 2 Juni 2016 (hari ini).

Sementara ini, masih belum jelas mengapa pemerintah Tiongkok memblokir situs Tumblr. Pemerintah Tiongkok sendiri tidak pernah mengumumkan secara terperinci pandangan mereka terhadap masalah penyensoran/pemblokiran. Menurut data yang dimiliki GreatFire.org, akses ke Tumblr biasanya diblokir atau dibatasi pada bulan Juni 2014 dan 2015. Nampaknya pemerintah Tiongkok ingin menghambat pencarian online yang berkaitan dengan peringatan pembantaian Lapangan Tiananmen, yang terjadi pada tanggal 03-04 Juni 1989, untuk menjaga agar berita dan diskusi mengenai insiden itu tidak menyebar.

Setiap tahun selalu ada aksi unjuk rasa besar setiap tahun di Hong Kong untuk mengenang acara tersebut, seperti unjuk rasa yang terjadi pada bulan ini. Tahun ini, keluarga korban tragedi Lapangan Tiananmen juga secara terbuka menuduh pemerintah Tiongkok mengintimidasi mereka untuk mencegah mereka membicarakan tragedi tersebut.
Tumblr juga diblokir selama beberapa minggu pada bulan Februari dan Maret 2011 setelah para aktivis menyerukan demonstrasi pro-demokrasi pada platform jejaring sosial.

Banyak juga yang berspekulasi bahwa pemblokiran ini disebabkan karena banyaknya konten pornografi yang ada pada perusahaan yang dimiliki Yahoo ini. Untuk saat ini, Reddit adalah satu-satunya jejaring sosial asing yang tidak diblokir di Tiongkok.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID