Tips & Guide

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Menjual MacBook Lama Anda

[Foto: Pixabay.com]
[Foto: Pixabay.com]
Ada pepatah yang mengatakan, “berlian adalah abadi.” Namum pepatah baru mengatakan, “berlian adalah abadi, begitu pula data Anda.” Benar, data Anda bisa jadi sangat berharga layaknya berlian, dan layaknya berlian, data Anda juga bisa saja dicuri dan dipergunakan dengan tidak semestinya. Hal ini khususnuya perlu Anda perhatikan ketika akan menjuap laptop atau MacBook lama Anda.

Jika Anda berniat menjual MacBook lama dan membeli yang baru, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menawarkannya kepada teman, menaruhnya di forum ataupun di online marketplace. Pasalnya, ada banyak kasus pencurian identitas yang berbuntut pada pemalsuan nama untuk memperoleh kartu kredit, pinjaman bank, dan pencemaran nama baik yang sulit diproses secara hukum. Memang, kasus seperti ini kebanyakan terjadi di negara barat, namun apa salahnya mencegah?

Selama menggunakan MacBook tersebut, tentu Anda juga menyimpan banyak berkas, kata sandi, dan informasi lainnya di perangkat Anda. Pastikan data-data tersebut aman dan orang yang nantinya membeli MacBook Anda tak akan bisa mendapatkannya. Selain itu, semakin bersih laptop Anda, maka nilai jualnya juga akan semakin tinggi bukan? Jadi, pastikan Anda lakukan hal-hal berikut ini:

Back-up data Anda. Inilah hal pertama yang harus Anda lakukan. Coba buka laman OS X untuk mempelajari cara-cara mem-back-up semua berkas, foto, dan dokumen penting sebelum Anda menghapus semuanya dari MacBook. Anda bisa melakukannya dengan Time Machine atau memanfaatkan penyimpanan awan iCloud. Jangan sampai Anda kehilangan dokumen-dokumen penting ketika melakukan back-up. Dengan melakukannya, Anda memastikan seluruh data penting dan kenangan akan tersimpan dengan aman, termasuk koleksi foto dan video Anda.

Keluar dari iTunes. Ini hal penting kedua yang harus Anda lalukan sebelum menjual MacBook lama Anda. Untuk keluar dari iTunes, Anda harus mencari bar menu iTunes pada MacBook dan klik Account > Authorizations > Deauthorize This Computer. Setelah itu, akan ada permintaan untuk memasukkan Apple ID dan kata sandi Anda. Setelah memasukkan semua data sign-in tersebut, klik Deauthorize. Dengan demikian, Anda sudah berhasil sign-out dari iTunes dan pemilik baru MacBook atau siapapun tak akan bisa menggunakan akun Anda.

Keluar dari iCloud. Jika Anda menggunakan iCloud untuk melakukan back-up data, setelah semua prosesnya selesai, pastikan untuk segera sign-out dari iCloud untuk memastikan data Anda aman. Namun sebelumnya, sangat penting untuk mengarsipkan semua data iCloud Anda lebih dulu, termasuk fitur-fitur seperti Find My Mac. Caranya, klik Apple Menu > System Preferences. Selanjutnya, klik iCloud, lalu klik deselect pada Find My Mac. Setelah ini, Anda bisa sign-out dari iCloud. Bukalah menu System Preferences, klik iCloud, lalu Sign Out. Anda akan ditawarkan untuk menghapus seluruh data dari MacBook. Jangan khawatir, karena selama Anda menggunakan Apple ID yang sama, Anda akan bisa mendapatkan semua data iCloud Anda di perangkat lainnya. Walaupun Anda tak menggunakan iCloud untuk back-up data, langkah ini tetap penting dilakukan.

Keluar dari iMessage. Jika Anda menggunakan OS X Mountain Lion atau yang lebih baru, Anda harus sign-out dari iMessage. Untuk melakukannya, bukalah aplikasi Messages, lalu pilih Preferences > Accounts. Selanjutnya, klik pada akun iMessage Anda, dan klik Sign Out. Sangat penting untuk melakukan hal ini karena, bayangkan saja jika ada orang asing yang bisa mengakses pesan-pesan Anda, dan mengirim pesan kepada orang lain atas nama Anda.

Hapus dan install ulang OS X. Langkah terakhir sebelum menjual MacBook Anda adalah memformat ulang hard drive dan menginstall ulang OS X. Anda bisa menemukan instruksi lengkapnya di situs web Apple. Laptop akan melakukan restart dan Anda bisa melihat welcome screen, dan diminta memilih negara atau wilayah. Anda bisa melakukannya langsung atau nanti.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID