Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Lakukan Empat Strategi Ini Untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

[Foto: pixabay.com]
Jika Anda menjalankan bisnis online, pasti Anda melakukan berbagai promosi untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa Anda. Ini merupakan sebuah isu yang mendasar. Kita semua tahu, banyak bisnis online yang gagal karena tidak adanya promosi. Untuk mencegah kegagalan, mari kita simak empat strategi di bawah ini.

Buat halaman web yang menjual. Sebelum Anda membangun halaman penjualan online, pertama-tama Anda harus mengetahui pasar yang Anda tuju. Setelah menentukan pasar, akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun sebuah halaman web. Perlu diingat, halaman web yang baik harus memiliki beberapa komponen penting seperti: pengenalan produk, masalah yang timbul dan apa penyebabnya, cara penyelesaian masalah tersebut, produk-produk dan jasa yang Anda tawarkan, mengapa pelanggan harus memilih produk Anda, hadiah dan bonus yang didapat, garansi yang diberikan, cara pemesanan, cara pembayaran, dan layanan customer service. Anda perlu memastikan para pengguna melihat dan menganggap bahwa produk Anda dapat menyelesaikan masalah mereka. Sediakan juga bagian pembayaran yang dilengkapi dengan pembayaran elektronik. Perlu diingat, tak peduli sebaik apapun produk dan jasa Anda, jika halaman web Anda kurang menjual, maka para pelanggan tidak akan melirik bisnis Anda 

Tawarkan bonus dan hadiah. Jika Anda sedang mencari cara bagaimana membuat para pelanggan tertarik dengan produk dan jasa Anda, penawaran hadiah dan bonus bisa menjadi pilihan yang tepat. Semua orang menyukai hadiah dan bonus. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membantu para pelanggan mengambil keputusan dengan penawaran hadiah tadi. Hadiah bisa berbentuk digital seperti klip audio, podcast, maupun ebook. Tetapi bila memungkinkan, Anda juga dapat menyediakan hadiah yang berbentuk fisik seperti voucher diskon, tawaran pembuatan logo gratis dari Conper, minuman gratis dari Starbucks, atau tiket film dari Golden Screen Cinema. Keuntungan dari menawarkan bonus-bonus seperti ini adalah Anda dapat mengumpulkan alamat surel setiap pengunjung halaman web Anda untuk bisa digunakan di lain waktu. Memberikan sesuatu secara gratis akan menjadi nilai tambah bagi brand Anda. Hal ini akan mempermudah pengunjung untuk memutuskan membeli dari Anda. Baru-baru ini saya melihat ada satu brand asuransi online UforLife yang sering memberikan hadiah-hadiah unik kepada para pelanggannya. Mereka memberikan kartu Touch and Go dan voucher belanja dari Aeon. Strategi ini dapat ditiru untuk bisnis Anda.


Strategi media sosial. Media sosial merupakan strategi terpenting jika Anda ingin menjalankan pemasaran online. Melalui media sosial, para pengguna dapat berinteraksi langsung dengan Anda. Jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan YouTube dapat menjadi jalur penting untuk para pelanggan agar dapat terhubung lebih dekat lagi dengan Anda. Sebelumnya, para pelanggan hanya mempunyai satu jalur untuk bersosialisasi secara online. Sekarang, media sosial telah gencar digunakan oleh brand besar maupun kecil dalam pemasaran digital untuk menarik perhatian dan minat pembeli. Jangan khawatir jika para pengunjung tidak membeli, yang penting Anda harus terus menggunakan media sosial untuk memperkuat branding anda dengan mendekatkan hubungan Anda dengan para pengunjung. Pembelian akan lebih mudah dilakukan jika hubungan semakin dekat, dan ketika kepercayaan terhadap brand anda mulai terbangun.

Bantuan para pengikut di media sosial. Pemasaran dari mulut ke mulut sangatlah penting dalam setiap strategi pemasaran. Strategi ini sudah lama ada dan meskipun kita sekarang berada di tahun 2016, namun strategi ini tetap menjadi senjata ampuh para marketing baik digital maupun konvensional. Jadi anda memerlukan sebanyak mungkin pengikut atau orang-orang yang yakin dan percaya kepada produk Anda. Mereka akan menceritakan tentang produk Anda kepada orang lain tanpa diminta. “Cobain deh produk ini. Gue udah nyobain dan kualitasnya memang bagus.” ini adalah kata-kata yang sangat diharapkan oleh setiap penjual. Apabila brand Anda menjadi viral dan dikenal banyak orang, maka secara tidak langsung penjualan Anda akan meningkat.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang blogger pemasaran digital di azleen.com, dengan penyesuaian standar LABANA.id.