Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Lakukan ini Saat 17-an! 7 Ide Lomba Antimainstream

Macam Lomba 17an Kantor

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, dan biasanya pada tanggal tersebut masyarakat Indonesia merayakannya dengan mengadakan sejumlah perlombaan. Mulai dari panjat pinang, lomba makan kerupuk, balap karung, dan sejumlah lomba lainnya. 
 
Keseruan lomba tersebut dapat kita saksikan di berbagai kawasan maupun instansi, tak terkecuali di lingkungan kantor. Dari sejumlah lomba yang ada di Indonesia, pastinya Anda akan merasa bosan dan ingin adanya pembaharuan dalam aktivitas lombanya.
 
Untuk itu, inilah 7 ide lomba 17an  anti-mainstream yang bisa Anda adakan di acara  kantor. 

1. Lomba Lari Menggunakan Heels

Saat lomba lari dengan sepatu biasa sudah terlalu membosankan, Anda bisa memodifikasi lomba lari tersebut dengan menggunakan sepatu bertumit tinggi (high heels). Lomba lari menggunakan heels seperti ini bisa Anda adakan untuk acara 17an kantor, di mana para pesertanya adalah wanita-wanita bersepatu hak tinggi. 
 
Lomba lari ini bukan berarti Anda harus mengadakannya di lapangan terbuka dengan jarak jauh seperti halnya lomba lari sesungguhnya. Memanfaatkan ruangan kantor Anda, adakan lomba lari dari ruang meeting menuju pantry kantor. 
 

2. Lomba Merias dengan Mata Tertutup

Lomba anti-mainstream selanjutnya adalah lomba merias wajah teman dengan mata tertutup. Kalau biasanya yang suka berdandan atau merias wajah adalah wanita, untuk lomba yang satu ini pesertanya adalah kaum pria.
 
Pakai ide ini untuk mengadakan lomba di kantor. Karena ini lomba merias, sudah tentu dalam satu tim terdiri dari 2 peserta, di mana salah satu dari pesertanya akan berperan sebagai model yang dirias dan yang satunya sebagai perias.
 
Keunikan dari lomba merias ini mata peserta akan ditutup dengan menggunakan kain hitam, sehingga peserta tidak bisa melihat wajah dari model yang di rias tersebut. Kekompakan dari peserta dari masing-masing tim akan dilihat melalui lomba ini.
 

3. Lomba Tahan Tawa

Berikutnya ada lomba tahan tawa. Walaupun lomba ini terbilang cukup mainstream karena peserta dilarang untuk tertawa selama perlombaan berlangsung, Anda bisa lakukan beberapa modifikasi agar lomba tahan tawa ini terluhat segar dan tidak membosankan.
 
Agar menambah keseruan, peserta akan diputarkan satu judul film komedi yang harus mereka saksikan dari awal hingga akhir. Siapapun yang sanggup menahan tertawa hingga akhir film adalah pemenangnya.
 

4. Lomba Makan Pedas


Masyarakat Indonesia memiliki selera pedas yang tinggi dibandingkan dengan negara lainnya, jika Anda ingin mengadakan lomba 17an kantor Anda bisa membuat ide lomba makan pedas. Lomba makan pedas ini bisa berupa makan mie, gorengan, atau makanan apapun dengan menggunakan cabai atau sambal yang super pedas. 
 
Cara bermainnya atau lombanya, peserta diberikan makanan dengan tingkat kepedasan yang luar biasa. Peserta tersebut harus menghabiskannya secara bersih, misalkan makan mie kuah peserta juga harus menghabiskan kuahnya hingga habis tak tersisa. Peserta tidak boleh minum sebelum makanan tersebut habis, peserta dianggap menang ketika ia lebih dahulu menghabiskan makanannya hingga tak tersisa. 
 
 

5. Lomba Memindahkan Kacang Hijau Menggunakan Sumpit

Terinspirasi dari salah satu film Kung Fu yang lihai menggunakan sumpit, ide lomba 17an  anti-mainstream selanjutnya adalah lomba memindahkan kacang hijau menggunakan sumpit.
 
Lomba seperti ini bisa dijadikan lomba 17an kantor, dan dapat diikuti oleh seluruh karyawan. Cara bermainnya, peserta disediakan dua mangkuk. Mangkuk pertama berisi kacang hijau dengan takaran yang sudah ditentukan, sedangkan mangkuk kedua adalah kosong.
 
Fungsi dari mangkuk kosong sebagai wadah untuk memindahkan kacang hijau yang berada di mangkuk satunya dengan rapi. Jangan lupa berikan batasan waktu, agar perlombaan tidak berlangsung lama (misalnya 60 detik per sesi)
 

6. Lomba Tebak Kata

Lomba 17an kantor selanjutnya yang anti-mainstream adalah lomba tebak kata. Lomba ini akan iikuti oleh beberapa tim dengan masing-masing tim terdiri dari tiga sampai empat orang. 
 
Cara permainannya cukup mudah, peserta dibagi menjadi beberapa tim yang masing-masing tim terdiri dari tiga sampai empat orang salah satu dari tim bertidak sebagai peraga dari kata yang akan ditebak tersebut.
 
Tujuan dari lomba ini selain seru-seruan bareng teman-teman kantor. Di samping itu juga bisa meningkatkan kekompakan dari masing-masing karyawan dengan kerja tim yang lebih seru.
 

7. Lomba Menata Puzzle

Lomba menata puzzle ini hampir sama dengan lomba tebak kata, dilakukan per tim yang masing-masing tim berisikan dua sampai tiga orang saja. Cara bermainnya cukup mudah, masing-masing tim hanya diminta untuk menata puzzle untuk menghasilkan gambar yang sempurna. 
 
Untuk mendapatkan puzzle sebagai alat perlombaan Anda bisa menggunakan puzzle  yang ada dan dijual di pasaran. Sebaiknya pada lomba ini diberikan waktu untuk membatasi perlombaan dan berfungsi sebagai alat ukur pemenang. 
 
Mungkin Anda bosan dengan lomba-lomba 17an kantor klasik yang sudah Anda jumpai sejak jaman kecil dahulu, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung atau lomba kelereng. Kini saatnya Anda memperbaharui berbagai jenis lomba tersebut dengan ketujuh ide lomba 17an .
 
Daftar lomba di atas bisa juga Anda jadikan referensi saat lomba 17an kantor, selain lomba tersebut antimainstream ketujuh lomba tadi bisa menambah kekompakan karyawan di dalam lingkungan kantor Anda.