Home  »  News   »  
News

Langgar Aturan, Reddit Blokir Dua Subreddit Gerakan Alt-Right

[Gambar: mashable.com]
Salah satu forum daring terbesar di dunia, Reddit, mengumumkan bahwa mereka telah memblokir dua subreddit atau thread Alt-Right karena kontennya dianggap telah melanggar peraturan Reddit. Seperti yang dikutip dari Uproxx, subreddit yang menjadi sasaran pemblokiran adalah r/altright dan r/alternativeright.

“Reddit adalah rumah dari kebanyakan topik daring yang paling otentik,” jelas Reddit dalam pernyataannya. “Kami berusaha untuk menjadi platform yang ramah, terbuka untuk semua orang dan percaya bahwa pengguna kami akan menjaga lingkungan yang memupuk tumbuhnya diskusi dan mematuhi kebijakan konten kami.”


Alt-right atau alternative right sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah gerakan yang menjunjung tinggi supremasi kaum kulit putih. Gerakan ini sering dikaitkan dengan rasisme, Neo-Nazi, antisemitisme, dan Islamofobia. Gerakan Alt-Right ini juga kini sering dikaitkan dengan Presiden AS Donald Trump yang dianggap memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan komunitas Alt-Right. Tidak mengherankan, komunitas Alt-Right pun kabarnya mengalami peningkatan setelah terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat yang ke 45.

Menurut spekulasi, kedua subreddit tersebut diblokir karena ada salah satu anggota subreddit tersebut yang melakukan tindakan doxxing atau memposting informasi pribadi dari seorang lelaki yang memukul Richard Spencer atau ‘bapak’ dari istilah Alt-Right. Keputusan ini menunjukkan bahwa Reddit menjunjung tinggi keseimbangan antara kebebasan berpendapat dengan adab kesopanan. Menurut kebijakannya, Reddit berhak memblokir pengguna yang memposting informasi pribadi milik orang lain, menyakiti, atau menyebarkan kebencian. Reddit juga melarang penggunanya untuk memposting konten pornografi yang dilakukan secara paksa atau konten yang memicu tindak kekerasan.

Pemblokiran subreddit Alt-Right ini juga sejalan dengan sikap Co-founder Reddit Alexis Ohanian yang terang-terangan menolak kebijakan imigrasi Trump. Dalam suratnya, ia menegaskan bahwa keputusan tersebut sangatlah tidak sesuai dengan jiwa Amerika, mengingat Amerika Serikat sendiri merupakan sebuah negara imigran.