Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Download Torrent dengan Mudah

[Foto: coindesk.com]
Jika Anda sering berselancar di internet, mungkin Anda sudah sering mendengar istilah Torrent atau BitTorrent. Perlu diketahui, BitTorrent atau yang sering disebut Torrent saja, bukanlah sebuah program, melainkan sebuah metode mengunduh data dengan memanfaatkan sistem berbagi data P2P (peer-to-peer). Program yang digunakan untuk mengunduh data melalui protokol BitTorrent disebut BitTorrent client. Yang membuat metode ini spesial adalah performanya yang cepat dan efisien tanpa harus mengorbankan kecepatan aktivitas daring lainnya. Penasaran ingin mencobanya? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh data dengan menggunakan metode ini.


  • Unduh dan pasang program/aplikasi BitTorrent client pada perangkat Anda. Saya menyarankan program µTorrent (uTorrent) karena ukurannya ringan (hanya 2mb saja) dan memiliki performa yang terbaik di kelasnya. Penampilan interface-nya juga mudah dipahami dan sederhana. Jika Anda menaggunakan perangkat Android, Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.
  • Cari data Torrent yang berkualitas dan terpercaya. Mencari data Torrent melalui mesin pencari seperti Google itu gampang-gampang susah. Seringkali terdapat banyak ‘ranjau’ berisi virus atau malware yang menyamar menjadi data Torrent biasa. Untuk itu, pastikan Anda mencarinya di situs-situs yang sudah lazim digunakan, seperti: The Pirate Bay, RARBG, EZTV, ExtraTorrent, dan sebagainya.
  • Perhatikan rincian data Torrent yang ditemukan. Ketika sedang browsing data Torrent, Anda akan sering melihat info mengenai seeders dan leechers. Seeders merupakan pengguna yang berkontribusi menjadi host data untuk diunduh orang lain. Sementara itu, leechers merupakan pengguna yang mengunduh data tersebut tetapi tidak ikut berkontribusi menjadi host. Jika jumlah leechers lebih banyak daripada seeders, maka mengunduh data akan jadi semakin lama. Jika hanya ada sedikit seeders maka Anda akan mengalami kesulitan dalam terhubung dan mengunduh data tersebut. Sebaiknya Anda mencari data Torrent yang memiliki jumlah seeders-leechers yang seimbang.
  • Download Torrent tersebut. Sebelum mulai mengunduh, tidak ada salahnya mengecek kolom komentar dan melihat tanggapan dari orang-orang terhadap data Torrent tersebut. Jika sudah merasa mantap, langsung tekan tombol download Torrent. Setelah berhasil diunduh, buka/klik dua kali data Torrent (.torrent) yang telah tersimpan pada komputer, kemudian secara otomatis BitTorrent Client yang telah Anda pasang pun akan terbuka. Jika ingin lebih instan, pilih ikon magnet yang ada pada mesin pencari Torrent, lalu Torrent tersebut pun akan langsung terbuka pada BitTorrent Client yang Anda gunakan.
  • Jangan lupa untuk berkontribusi dalam komunitas Torrent. Artinya, ketika Anda sudah selesai mengunduh, ada baiknya jika Anda jangan langsung mematikan donlotan tersebut. Tunggu selama setidaknya setengah jam agar Anda bisa ikut menyumbang atau berkontribusi sebagai seeders. 

Seperti halnya teknologi lainnya, BitTorrent ini juga “bermata dua”. Sejatinya metode ini digunakan untuk membagikan data yang besar dengan lebih cepat dan efisien. Namun tidak sedikit yang menggunakannya untuk membagikan data ilegal. Data ilegal itu bisa berupa program bajakan, video bajakan, lagu mp3 bajakan, dll. Saya sarankan gunakan BitTorrent untuk mengunduh dan berbagi data yang legal.