Home  »  News   »  
News

Layanan Android Play Telah Mendarat di Negeri Sakura

[Gambar: 9to5google.com]
Berselang beberapa hari setelah Google meluncurkan layanan Android Pay di Irlandia, kini pengguna di Jepang juga sudah bisa menikmati layanan ini. Khusus di negeri sakura, Google dikabarkan telah bekerja sama dengan platform eMoney Rakuten Edy. Ini artinya, pengguna Android Pay dapat menggunakan layanan ini di lebih dari 470 ribu lokasi yang menerima pembayaran melalui Rakuten Edy. Termasuk di dalamnya adalah toko-toko seperti Bic Camera, Family Mart, Lawson, McDonald’s, Domino’s Pizza, Yodobashi Camera, dan lain-lain.


Pengguna yang ada di Jepang dengan smartphone Android yang memiliki sistem operasi Kitkat 4.4 ke atas dapat mengunduh aplikasi Android Pay secara gratis melalui Google Play Store. Selanjutnya, Anda dapat membuat kartu Rakuten Edy yang baru melalui aplikasi tersebut. Pengguna yang pertama kali membuat kartu Rakuten Edy pada aplikasi Android Pay akan diberikan bonus saldo senilai 400 yen (setara Rp 46 ribu). Namun, jika sebelumnya Anda sudah memiliki kartu Rakuten Edy, maka Anda cukup mengaktifkan kartu tersebut pada layanan Android Pay. Jadi, kartu Rakuten Edy ini kurang lebih seperti kartu debit. Anda bisa mengisi saldo pada kartu tersebut melalui kartu kredit atau toko lokal manapun yang menerima top-up saldo kartu Rakuten Edy.

Untuk ke depannya, Google menyatakan bahwa mereka berencana untuk bekerja sama dengan FeliCa Networks, Visa, Mastercard, dan Bank of Tokyo-Mitsubishi guna menambahkan opsi pembayaran pada Android Pay. Sejauh ini, layanan yang pertama kali diluncurkan pada September 2015 ini sudah tersedia pada delapan negara. Termasuk di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Jepang sendiri merupakan negara asia ketiga yang mendapatkan layanan Android Pay setelah Hong Kong dan Singapura.