Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Layanan Dasar untuk Keluarga Anda Dalam Asuransi Kesehatan

Bagi sebagian orang asuransi kesehatan masih lebih penting dibandingkan dengan asuransi jiwa, maka dari itu asuransi kesehatan lebih banyak diminati oleh banyak orang. Tidak heran banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan sejumlah program asuransi, dengan biaya premi cukup terjangkau. 
 
Perbandingan harga asuransi kesehatan keluarga dari beberapa perusahaan tentunya menunjukkan harga yang berbeda-beda. Meskipun pelayanannya terbilang sama, yaitu pelayanan dasar yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi. Anda perlu tahu beberapa layanan dasar yang diberikan oleh asuransi kesehatan keluarga, ini dia:
 

1. Layanan Rumah Sakit

Umumnya setiap asuransi kesehatan memberikan layanan dasar berupa layanan rumah sakit. Dengan Anda membayar premi setiap bulannya, maka Anda akan mendapatkan layanan rumah sakit ketika Anda mengalami penurunan kesehatan. 
Untuk pelayanan rumah sakit ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda, dan yang pasti rumah sakit tersebut harus sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang Anda ikuti. 
 

2. Rawat Inap

Fungsi dari asuransi kesehatan adalah memproteksi Anda ketika Anda sakit, Anda berhak mendapatkan layanan rawat inap. Dalam hal ini mulai dari layanan IGD, UDG dan jenis layanan rumah sakit lainnya. Fasilitas rawat inap di sini bisa Anda terima selama kondisi kesehatan Anda masih menurun, mengenai ruangan perawatan biasanya tergantung dengan perjanjian awal Anda ketika mengajukan asuransi di perusahaan asuransi yang Anda pilih. 
 
 

3. Santunan Kecelakaan


Layanan dasar selanjutnya adalah santunan kecelakaan. Ketika Anda telah terdaftar menjadi salah satu nasabah asuransi kesehatan, Anda telah mendapatkan layanan dasar berupa santunan kecelakaan. Misalnya, ketika Anda mengalami kecelakaan Anda berhak mendapatkan pelayanan perawatan hingga Anda sehat. 
Namun, ada beberapa kasus ketika nasabah mengalami kecelakaan dan mengalami cacat permanen. Nasabah tersebut akan mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi kesehatan yang diikutinya. 
 

4. Prosedur Pembedahan

Asuransi kesehatan memberikan pelayanan dasar berupa prosedur pembedahan, ketika Anda mengalami kondisi kesehatan yang memang membutuhkan pembedahan. Sudah tentu Anda berhak mendapatkan fasilitas tersebut, misalnya ketika Anda sakit usus buntu dan membutuhkan pembedahan. Anda bisa melakukan klaim pembedahan, dengan ketentuan biaya klaim sesuai dengan perjanjian awal. 
 

5. Penyakit Kritis

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan ada yang membedakan antara penyakit kritis dengan penyakit umum. Tetapi ada juga perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan dasar, dan menlindungi 49 penyakit kritis. Adapun bagian dari penyakit kritis seperti kanker, jantung, dan tidak termasuk dalam penyakit diabetes. 
 
Perbandingan harga asuransi kesehatan dan layanan dasar untuk keluarga, tergantung dengan harga premi yang Anda bayarkan per bulannya. Selain itu usia dari nasabah pun menjadi bahan pertimbangan perusahaan, dalam menentukan besaran premi. Perbandingan Asuransi kesehatan keluarga, patut Anda pertimbangkan dari fasilitas dan pelayanan sebuah perusahaan asuransi yang nantinya Anda pilih.