News

Layanan Flixtape dari Netflix Permudah Anda Berbagi Rekomendasi Film dan Serial TV

[Gambar: netflix.com]
[Gambar: netflix.com]
Siapa yang tidak tahu Mixtape--sebuah kumpulan rekaman lagu-lagu pilihan yang biasanya diberikan oleh/kepada kawan, kerabat, atau mungkin kekasih Anda. Semakin berkembangnya teknologi, membuat sebuah mixtape tentunya jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan dulu.

Nah, sekarang Netflix mempersembahkan sebuah layanan menarik yang bernama “Flixtape” yang merupakan peleburan antara Netflix dan Mixtape. Berbeda dengan mixtape  Ya, layanan Flixtape ini memungkinkan Anda untuk berbagi playlist yang berisikan film maupun serial televisi yang Anda rekomendasikan kepada siapapun, melalui jejaring sosial.

Anda dapat menyusun flixtape sendiri mulai dari awal, atau Anda bisa memilih flixtape dengan tema-tema tertentu yang telah dibuat oleh Netflix. Intinya sama saja seperti membuat sebuah playlist biasa. Setelah Anda menentukan judul flixtape Anda, Anda bisa menambahkan tiga (ini adalah jumlah minimal) sampai enam serial televisi atau film pada playlist tersebut.

Setelahnya, Anda bisa menghias cover atau sampul flixtape Anda dengan grafik dan ilustrasi yang telah diberikan. Lalu, Anda dapat mengirimkan flixtape itu pada pengguna Netflix tertentu, atau membagikannya melalui Facebook atau Twitter.

Ketika Anda mulai membuat sebuah flixtape baru, Netflix akan merekomendasikan tiga serial televisi atau film kepada Anda. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menghapus semua rekomendasi Netflix dan membuat playlistnya dari nol.

Bagi saya pribadi, layanan ini sangatlah menarik. Saya memang senang membuat mixtape sendiri dan membagikannya kepada orang-orang terdekat. Biasanya sih, saya memanfaatkan fitur playlist pada Spotify untuk membuat mixtape tersebut. Makanya, saya senang sekali ketika tahu ada layanan flixtape–yang notabene berisi film dan serial televisi–pada Netflix. Ditambah lagi, secara visual  flixtape ini terlihat apik.

Namun sayangnya koleksi film maupun serial televisi yang tersedia di Netflix (menurut saya) masih belum lengkap. Misalnya, ketika saya mau memasukkan film-film Star Wars ke dalam playlist, film tersebut ternyata belum tersedia di Netflix. Atau ketika saya ingin membuat sebuah flixtape yang berisikan serial televisi kesukaan saya, saya kembali kecewa karena tidak ada Game of Thrones maupun Silicon Valley. (Tapi setidaknya saya masih bisa memasukkan serial televisi Sherlock.)

Secara garis besar, layanan ini patut dicoba bagi Anda yang ingin berbagi rekomendasi film dan serial televisi dengan cara yang berbeda. Tapi ingat, Anda maupun orang yang mendapatkan flixtape tersebut tetap harus berlangganan Netflix dulu sebelum menonton isi dari flixtape.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID