Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Layar iPad Retak, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

[Foto: Shutterstock]
iPad, seperti semua gadget Apple lainnya, tidak murah, dan biaya memperbaiki layar iPad yang pecah pun lumayan mahal. Garansi satu tahun yang diberikan Apple tidak mencakup kerusakan yang akibat kecerobohan, jadi kecuali layar iPad Anda memiliki retak rambut karena kaca yang cacat—dan tidak ada tanda-tanda bahwa iPad tersebut pernah jatuh, bersiaplah untuk “membobol” celengan ayam Anda.

Tapi tenang saja, selalu ada cara untuk memperbaiki layar iPad yang retak. Dilansir dari CNET, Senin, 19 Juni 2017, inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara memperbaiki layar iPad:

Mintalah Apple untuk memperbaikinya

Anda bisa meminta layar Anda diganti oleh Apple dengan harga cukup murah—jika Anda memiliki AppleCare.

Minta pihak ketiga mereparasi layar iPad Anda

Ada banyak service center independen untuk memperbaiki layar iPad Anda tetap, namun memilih tempat reparasi selain di pusat reparasi Apple akan membatalkan garansi Anda. Jangan salah, Apple bisa mengetahui apakah pihak di luar karyawan Apple telah membuka iPad Anda. Tapi jika Anda kehabisan masa garansi, ada beberapa tempat perbaikan produk Apple pihak ketiga yang dapat memperbaiki layar iPad Anda yang retak dan jelek.

Ketika Anda mencari service center terbaik di kota Anda, ada beberapa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan sebelum menyerahkan perangkat Anda kepada mereka:

Berapa biayanya?

Berapa lama waktu yang diperlukan?

Apakah ada garansi setelah produk diperbaiki?

Darimana mereka mendapatkan spare part, apakah kualitasnya baik?

Karena penanganan oleh service center pihak ketiga akan membatalkan garansi Apple Anda, Anda memang seharusnya memastikan bahwa mereka benar-benar serius dan cakap dalam menangani gadget Anda. Tentu Anda tidak mau, iPad Anda diperbaiki layarnya, namun ternyata layar penggantinya cacat.


Carilah service center yang memang memiliki reputasi. Carilah di Google, temukan forum-forum yang membahas produk Apple, tanyakan kepada anggota forum yang lama, apakah mereka mengetahui service center yang baik dengan hasil pekerjaan sempurna, dan dengan harga bagus. Periksa ulasan setiap pusat reparasi yang menjadi prospek Anda, dan lihat apakah karyawan pusat reparasi tersebut benar-benar ahli dan sungguh-sungguh ingin membantu.

Bagaimanapun, menyerahkan iPad Anda ke tangan yang salah bisa berakibat fatal. Selalu ada potensi kebocoran data dan isu-isu keamanan siber jika gadget Anda berada di tangan orang lain. Selain itu, jika pusat reparasinya nakal, mereka bisa memakai spare part murah yang bakal cepat rusak, sehingga tak lama lagi Anda akan kembali untuk melakukan reparasi lagi.

Bisakah mengganti layar iPad sendiri?

Anda bisa saja membeli satu set kaca iPhone pengganti, dan menemukan seperangkan tutorial mengenai cara memperbaiki dan memasang layar iPad Anda sendiri, namun percayalah, Anda tidak ingin melakukannya.

Mengganti kaca jauh lebih sulit daripada mengganti keseluruhan layar sentuh, karena Anda perlu memisahkan kaca dari layar sentuh dan kemudian menempelkan potongan kaca baru ke layar sentuh lama. Hal semacam itu adalah sesuatu yang harus Anda serahkan kepada profesional, kalau tak mau hasilnya berantakan.

Jika Anda benar-benar ingin mencobanya, perlu diingat bahwa kit pengganti layar sentuh, termasuk layar LCD dan digitizer, harganya antara 400 ribu hingga 5 jutaan ruoiah, tergantung pada komponen yang Anda butuhkan dan modelnya. Yang jelas, mengganti kaca sendiri adalah hal yang tidak direkomendasikan.

Selain itu jika Anda memutuskan untuk membongkar perangkat Anda sendiri, Anda akan membatalkan garansi Apple dan tidak memiliki siapa pun kecuali diri Anda sendiri untuk disalahkan jika terjadi kesalahan. Kalau iPad Anda jadi tambah rusak, biayanya akan jadi lebih mahal dibandingkan jika Anda memperbaikinya di pusat reparasi resmi Apple.

Pasrah dengan layar yang retak

Jika Anda sedang tidak punya budget lebih, mungkin yang bisa dilakukan saat ini adalah menerimanya saja.

iPad Anda memang kelihatan sangat jelek, tapi Anda sebetulnya tidak perlu mengganti layar saat kaca iPad retak. Jika retakan berada di sekitar tepi layar dan tidak mengganggu penggunaan iPad tersebut, Anda bisa mengabaikannya. Jika layar iPhone Anda  dengan satu atau dua celah besar yang melintang di layar, pasanglah pelindung layar sehingga jari Anda tidak tersayat. Namun hal ini tak bisa dilakukan jika kaca layarnya benar-benar hancur. Pilihannya adalah menunggu hingga Anda punya dana untuk memperbaikinya, atau untuk membeli yang baru.