Tips & Guide

Layar Sentuh Smartphone Kurang Responsif? Ini 5 Cara Mengatasinya

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Dewasa ini, sudah banyak sekali smartphone yang menggunakan layar sentuh alias touchscreen sebagai media display serta alat navigasinya. Penggunaan layar sentuh dianggap lebih mudah dan efektif, karena tidak memakan ruang untuk menaruh keypad. Sehingga bentuk smartphone pun menjadi lebih ringkas dan portable.

Efeknya, kini smartphone bisa memiliki layar lebih lebar, dengan dimensi yang semakin kecil. Bicara soal layar sentuh, masih banyak pengguna yang mengeluh terkait masalah layar sentuh pada smartphone-nya. Pengguna mengeluhkan masalah di layar sentuh mulai dari kurang responsif sampai sering macetnya layar.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa setiap smartphone memiliki jenis layar sentuh yang berbeda-beda, mulai dari layar resistif, TFT kapasitif, IPS, sampai dengan AMOLED. Setiap jenis layar tersebut juga memiliki kualitas yang berbeda-beda pula.

Jika layar sentuh Anda tidak responsif atau sering macet, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat jenis layar yang digunakan. Namun jika tidak ada masalah pada hal tersebut, maka Anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Seperti dikutip dari joyofandroid, berikut adalah beberapa cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang kurang responsif.

Pembersihan RAM
Salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering ‘macet’ adalah RAM yang sudah terlalu penuh. Oleh sebab itu, lakukanlah pembersihan RAM dengan cara mengeluarkan semua aplikasi yang memang sudah tak terpakai. Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil adalah salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibersihkan.

Hapuslah aplikasi atau game yang Anda rasa kurang penting dan sudah tidak dimainkan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di dalam smartphone. Anda juga bisa menginstal aplikasi untuk pembersihan cache dan file-file sampai seperti cc cleaner agar ruang yang ada pada smartphone Anda menjadi lebih lega.

Matikan Perangkat

Mematikan perangkat dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan. Bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut merupakan jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

Hal tersebut dapat membantu mengembalikan fungsi software yang mengalami crash sehingga bisa bekerja kembali sebagaimana semestinya. Jika cara ini belum berhasil, maka coba lepas baterai perangkat dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidupkan kembali perangkat.

Kalibrasi Layar
Masalah tidak berfungsinya layar sentuh juga bisa disebabkan karena masalah pengaturan layar sentuh itu sendiri. Oleh karena itu lakukan kalibrasi layar secara manual melalui menu yang telah disediakan. Jika Anda belum tahu caranya, bisa cari petunjuknya melalui buku manual.

Ganti Launcher

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik. Launcher sendiri merupakan tempat dimana Anda menyimpan semua ikon aplikasi dan widget yang dimiliki. Jika diibaratkan, launcher adalah ‘rumah’ bagi semua hal yang terdapat di dalam sistem operasi Android.

Hard Reset

Melakukan hard reset adalah cara yang bisa ditempuh setelah semua cara sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Hard reset dapat mengembalikan semua pengaturan perangkat seperti baru, dan secara otomatis semua data yang tersimpan di memori internal akan hilang.

Oleh karena itu, disarankan sebelum melakukan hard reset untuk mem-backup semua data-data penting yang dimiliki. Hard reset bisa dilakukan langsung melalui perangkat atau dengan menggunakan bantuan komputer PC.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu layar sentuh smartphone Anda terbebas dari masalah!

 

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID