Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Lebih Untung Beli atau Sewa Rumah?

 

Siapapun pasti memimpikan punya rumah sendiri. Kalau tersedia dana yang cukup akan lebih menguntungkan bila membeli rumah secara tunai. Namun jika kondisi keuangan belum siap, ada dua pilihan, yaitu membeli dengan cara kredit atau menyewa/mengontrak. 

Banyak yang beranggapan bahwa membeli rumah meskipun dengan cara dicicil lebih menguntungkan daripada menyewa, mengingat rumah tersebut akhirnya akan menjadi milik Anda. Sementara kalau mengontrak, keuntungannya adalah Anda tak perlu repot memikirkan kewajiban lain di luar membayar sewa. Masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangan. 

Sebelum ambil keputusan, Perencana Keuangan Independen dari ZAP Finance, Prita Ghozie memberikan saran berikut:  
1. Analisa kemampuan finansial 
Cek kemampuan finansial Anda terlebih dulu untuk mengetahui berapa biaya sewa atau cicilan yang bisa Anda keluarkan setiap bulan. Perlu diingat, untuk membeli rumah dibutuhkan dana untuk down payment sekitar 25-30% dari harga rumah dan cicilan KPR. Sedangkan untuk sewa rumah hanya perlu mempersiapkan biaya sewa yang bisa dibayar bulanan atau tahunan.  


2. Pilih lokasi dan tipe rumah 
Setiap orang memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam memilih rumah. Namun, lokasi biasanya menjadi pertimbangan utama. Suka di tengah kota atau pinggir kota? Penentuan lokasi akan berpengaruh pada biaya transportasi yang harus dikeluarkan.  

Tentukan pula tipe rumah yang diinginkan, misalnya apakah rumah ukuran kecil atau besar? Untuk pasangan muda disarankan membeli rumah ‘tumbuh’, yaitu rumah dengan ukuran bangunan sekarang yang tak terlalu besar, namun memiliki lahan dan bentuk bangunan yang dapat diperluas saat anak-anak mulai besar.  

3. Survey harga rumah 
Lakukan survey untuk mengetahui estimasi harga rumah dan biaya kontrak rumah dengan tipe dan lokasi yang Anda inginkan. Kemudian tentukan pilihan rumah sesuai kemampuan finansial Anda.  

4. Estimasi biaya ekstra 
Jika membeli rumah, pertimbangkan pula biaya tambahan yang harus dikeluarkan setelah menempati rumah, seperti Pajak Bumi Bangunan (PBB), biaya listrik, serta perawatan dan renovasi rumah yang harus dikeluarkan secara berkala. Apalagi kalau membeli rumah bekas yang kondisinya kurang baik. 

5. Durasi penempatan 
Untuk keluarga yang seringkali berpindah kota karena pekerjaan, maka opsi menyewa rumah lebih menguntungkan karena lebih praktis dan tidak membutuhkan modal besar.