News

LeEco Investasikan 12 Milyar Yuan Pada Industri Kendaraan Ramah Lingkungan

[Foto: macrumors.com]
LeEco, perusahaan teknologi asal Tiongkok, mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik mobil elektrik di kota Huzhou, provinsi Zhejiang. Seperti yang dilansir Digital Trends, LeEco berencana untuk menginvestasikan 12 milyar yuan untuk pabrik yang ditargetkan untuk dapat memproduksi 400 ribu mobil tiap tahunnya.

Di antara jajaran mobil yang akan diproduksi, terdapat juga mobil LeSee yang disebut-sebut sebagai “Tesla Killer” atau “pembunuh Tesla.” Mobil elektrik ini pertama kali dipamerkan di perhelatan Beijing Auto Show pada bulan Mei lalu. Berdasarkan laporan, taksi LeSEE juga kabarnya akan diproduksi di pabrik ini. Menurut pernyataan dari LeEco, pabrik mobil ini merupakan bagian dari “Eco Experience Park,” sebuah proyek senilai 20 miliar yuan yang berisi taman bermain dan fasilitas untuk mobil elektrik dan kantor.

LeEco merupakan sebuah perusahaan yang berada di barisan terdepan pada produksi kendaraan listrik di Tiongkok, sebuah industri yang baru-baru ini mendapatkan restu dari pemerintah Tiongkok. Sekarang, nampaknya LeEco semakin aktif berusaha untuk menjadi perusahaan teknologi yang terdepan di bidangnya, tidak hanya di Tiongkok saja tapi juga di dunia internasional.

Perusahaan ini dijadwalkan untuk memulai pembangunan pabrik tersebut pada akhir 2016 atau awal tahun 2017. Pada tahap pertama pembangunan, sekitar 4.300 hektar lahan akan dikembangkan. Diperkirakan, setelah pembangunan tahap pertama dilakukan, mereka dapat mulai memproduksi maksimal 200 ribu unit kendaraan per tahun. Pada pembangunan tahap kedua, diperkirakan kapasitasnya akan naik dua kali lipatnya. Namun, belum ada yang bisa memastikan kapan mereka akan sampai pada titik tersebut.

Ini merupakan sebuah rencana yang sangat besar bagi LeEco. Namun, tetap saja terdapat  sebuah kendala yang belum terselesaikan. China Daily melaporkan bahwa masih belum jelas apakah rencana pembangunan pabrik ini telah “disetujui oleh regulator industri”. Proses kesepakatan terhadap rencana seperti ini biasanya memakan waktu yang lama, dan membutuhkan keterlibatan pemerintah pusat, berbagai lembaga pemerintah, dan pemerintah daerah.

Nampaknya, sekarang Tesla harus mulai memperhitungkan LeEco yang semakin lama semakin agresif saja dalam persaingan di industri ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID