Home  »  News   »  
News

LG Luncurkan Speaker yang Mampu Melayang Selama 10 Jam

[Foto: LG]
Nampaknya serangan Hollywood berupa film-film fiksi sains mulai membangkitkan imajinasi para pengembang di industri gadget dan elektronik. Walaupun kita saat ini  belum memiliki robot juru masak pribadi, namun kehadiran speaker melayang (levitating speaker) nampaknya akan cukup menghibur para penggemar hal-hal berbau futuristik.

Baru-baru ini, LG memperkenalkan produk speaker melayang terbarunya, yang kabarnya akan dipamerkan di gelaran bergengsi Consumer Electronic Show (CES) 2017 bulan Januari mendatang.

LG memang bukan manufaktur pertama yang membuat speaker melayang, namun desain yang dibuat LG dinilai lebih keren untuk dipajang di sudut ruangan. Bila manufaktur lain memproduksi speaker melayang yang berbentuk seperti UFO, bola sepak, atau awan, bentuk LG Bluetooth Levitation Portable Speaker lebih mirip perangkat cerdas berwarna putih bersih mirip telur yang bisa ditemukan di rumah sakit, lengkap dengan base unit yang disebut Levitation Station, dan seperangkat tombol kontrol yang ada pada speaker.


Kemampuan melayang dari speaker teranyar LG ini dihasilkan dari gelombang elektromagnetik dari sebuah unit yang mendukung kerja pengeras suara omnidirectional. Menurut keterangan LG, speaker tersebut dilengkapi dengan teknologi Dual Passive Radiator yang akan menghasilkan suara berkekuatan sedang yang mengalun lembut dan suara tinggi yang bulat dan renyah. LG juga menggunakan subwoofer yang ditanamkan pada base unit untuk menghasilkan suara bass yang dalam.

Base unit tersebut juga berperan sebagai pengisi daya alias charger. Jika speaker melayang tersebut sudah akan kehabisan baterai, maka ia akan turun dan mendarat dengan sendirinya ke base unit agar dayanya bisa terisi kembali. Speaker masih bisa terus memutar audio walaupun tidak sedang melayang, walaupun akan nampak “kurang canggih.”

Selain penampilannya yang keren, speaker melayang LG juga menawarkan kelebihan lain. Pengguna bisa menikmati suara penuh 360-derajat yang mengisi setiap sudut dalam ruangan, dan baterai yang tahan hingga 10 jam. Speaker ini juga telah mengantongi sertifikasi IPX7 untuk ketahanan terhadap air dan kelembaban. Artinya, Anda bisa membawa speaker ini ke luar ruangan, walaupun hari sedang hujan.

Selain itu, LG Levitating Portable Speaker bisa terkoneksi dengan dua Bluetooth sekaligus, sehingga pengguna lebih leluasa ketika mendengar musik ataupun audio lainnya. Anda bisa membawanya dari satu ruangan ke ruangan lain, atau bahkan ke taman, dan kualitas suaranya tak akan berkurang.

Walaupun speaker portable besutan LG ini bukan hal baru di pasaran, namun pengamat memperkirakan produk ini tetap akan mencuri perhatian di CES atau ajang-ajang serupa. Ketahanan baterai dan desainnya yang elegan dan berkelas dinilai sebagai poin plus yang membedakan speaker melayang LG dengan produk-produk kompetitor.

Hingga berita ini diturunkan, LG belum mempublikasikan nama resmi ataupun harga speaker melayangnya, namun perangkat-perangkat serupa biasanya dibanderol seharga $150 hingga $2oo, atau setara dengan 2-2,7 jutaan rupiah. Jadi kita bisa memprediksi, perangkat baru LG ini akan dihargai sedikit lebih mahal daripada 2,7 juta rupiah.