Home  »  News   »  
News

LINE Gelar Kompetisi Developer Challenge dengan Hadiah Total Rp800 Juta

[Foto: Linecorp.com]
Setelah sukses mengumpulkan 15.000 peserta dari pelaku industri kreatif melalui LINE Creativate 2016, kini LINE kembali mengadakan kompetisi LINE Developer Challenge. Kompetisi yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding ini mengundang semua developer di Indonesia, baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot).

Para calon peserta yang tertarik sudah bisa mendaftar sejak 2 Februari 2017, dan jika Anda memang ingin berpartisipasi, ingatlah untuk mendaftar sebelum tanggal penutupan, yakni 31 Maret 2017. Pengumuman pemenang LINE Developer Challenge ini akan dilakukan pada 8 April 2017 mendatang.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia. Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami. Lewat LINE Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia,” tulis Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia, dalam rilis pers-nya.


LINE Developer Challenge ini memiliki dua kategori, yakni Kategori Utilitas, di mana developer akan ditantang untuk membuat bot yang bisa membantu pengguna dalam kesehariannya, memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari. Yang kedua adalah Kategori Game, di mana para developer ditantang untuk menciptakan game bot yang unik dan interaktif, sehingga bisa mendekatkan satu pengguna dengan pengguna lainnya.

LINE ChatBot sendiri merupakan platform yang menyalurkan solusi yang dibuat oleh para developer dengan pengguna LINE. Platform ini dibuat untuk membantu para developer mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan LINE@ Messaging API atau Channel enabler memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara system yang dimiliki oleh pengembang dengan pengguna LINE secara otomatis.

Menurut keterangan Ongki, LINE akan mengadakan akan mengadakan rangkaian roadshow berupa workshop mengenai LINE ChatBot untuk melengkapi kompetisi yang berskala nasional ini. Roadshow dan workshop tersebut diselenggarakan atas kerjasama LINE dengan Bekraf dan Dicoding.

Roadshow yang akan dilaksanakan selama bulan Februari akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung (6&7 Februari 2017), Jakarta (8 Februari 2017), Yogyakarta (8 Februari 2017), Bali (9 Februari 2017), Surabaya (10 Februari 2017), Depok (16 Februari 2017), dan Tangerang (20 Februari 2017).

Selain Bekraf dan Dicoding, LINE juga bekerja sama dengan IBM (Microsoft) sebagai Infrastructure Partners, East Ventures dan Kejora sebagai Investment Partners, Kata.ai sebagai API Partner, dan beberapa komunitas lainnya untuk mensukseskan kompetisi ini.

Jadi, jika Anda adalah developer yang ingin mencoba kemampuan sekaligus mengembangkan kreativitas dalam memberi solusi bagi pengguna aplikasi LINE, boleh juga coba mendaftar untuk memperkenalkan solusi inovatif Anda kepada masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, jika menang, Anda dan para peserta lainnya bisa mengantongi hadiah total Rp 800,000,000 dan kesempatan bekerjasama dengan LINE.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, klik di sini. Sedangkan untuk informasi roadshow, silakan lihat laman ini.